Header Ads

Pelayanan Perizinan Online Disosialisasikan di Kecamatan Wera dan Ambalawi



Bima, Media NTB - Sosialisasi  pelayanan Perizinan secara online yang dilakukan oleh Dinas DPMPTSP Kabupaten Bima yang bertempat di aula kantor camat Wera kamis siang (26/08/2018) bertujuan untuk mempermudah pelayan masyarakat dalam perizinan.



DPMPTSP adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah, DPMPTSP diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yan kondusif. Setelah DPMPTSP terbentuk pada akhir Tahun 2016 fungsinya bertambah sebagai penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu sesuai Permendagri 100 Tahun 2016, maka target perangkat daerah ini tidak hanya untuk meningkatkan jumlah investasi yang lebih besar dari dalam maupun luar negeri, namun juga meningkatkan pelayanan perizinan dan nonperizinan yang prima sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Menpan Nomor 81 Tahun 1993, antara lain: sederhana, jelas, aman, transparan, effisien, ekonomis, adil dan tepat waktu.



Fungsi Perangkat Daerah urusan Bidang Penanaman Modal sebagaimana yang tertuang pada Permendagri 100 tahun 2016 adalah perencanaan penanaman modal, pengembangan iklim penanaman modal, promosi penanaman modal, perizinan penanaman modal, pengendalian dan pelaksanaan penanaman modal serta pengolahan data dan informasi penanaman modal.



Atok Kusnadiantoro Kabid DPMPTSP Kabupaten Bima menjelaskan bahwa, tujuan dengan diadakannya sosialisasi pelayanan Perizinan secara online adalah agar mempermudah masyarakat untuk melakukan perizinan.



"Dengan adanya perizinan secara online, jadi masyarakat cukup mengirim berkas lewat online, jadi tidak harus turun ke kota lagi karna itu merupakan cara yang efektif dan efisien". Ungkapnya.



Ia juga mengemukakan bahwa Potensi dan peluang investasi di wilayah  Kabupaten Bima cukup beragam yakni, di sektor pertanian dan perkebunan Salah satunya Komoditi Unggulannya adalah Bawang Merah, Kedelai, Jagung, bawang putih cabe rawit kopi,  kacang tanah, Cabe Besar. di sektor kelautan dan perikanan, Kabupaten Bima kaya akan komoditas pelagis Demersal, Mutiara, Rumput Laut dan tambak, jadi Masyarakat Bima harus mampu menanam modal, Tutupnya.(Iphul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.