Header Ads

Penanae Wakili Kota Bima pada Lomba Kelurahan Terintegrasi



Bima, Media NTB - Kelurahan Penanae Keluarahan Raba, Rabu (1/08/18) dinilai oleh Tim Penilai Lomba Kelurahan Integrasi Tingkat Provinsi NTB. Kelurahan Penanae sebelumnya berhasil mengungguli kelurahan lainnya yang ada di Kota Bima dan memastikan diri mewakili Kota Bima dengan meraih nilai tertinggi dengan total 363 poin mengalahkan 4 kelurahan lainnya yang merupakan perwakilan masing-masing kecamatan.



Hadir dalam kesempatan itu, Plh Walikota Bima Drs H Mukhtar MH, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala OPD lingkup Pemkot Bima, Camat dan Lurah se Kota Bima, organisasi wanita, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda setempat.



Rombongan tim penilai yang terdiri dari 15 orang yang diterima secara langsung oleh Plh Walikota Bima didampingi oleh Lurah Penanae Kota Bima. Rombongan Tim Penilai ini diketuai oleh Dr. H Ashari SH MH Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa, kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Barat.



Rombongan disambut dengan Hadra, Buja Kadanda serta tarian wura bongi monca yang juga merupakan produk unggulan yang ada di Kelurahan penanae. Sebanyak 15 orang tim penilai ini berasal dari delapan unsur SKPD Provinsi NTB, antara lain, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Lingkungan Hidup.



Sebelum dilakukan penilaian, Lurah Penanae Nurhayati, S.Pd menyampaikan berbagai program unggulan yang telah dilakukan di wilayahnya sehingga berhasil menjadi Wakil dari Kota Bima pada lomba tingkat provinsi. Beberapa produk unggulan yang ditonjolkan yakni panadai Besi, Tenunan, kawotu Jago, kerajinan pembuatan bros, jajanan khas bima, serta sanggar seni Wadu Monca. Dipaparkannya pula selayang pandang mengenai Kelurahan Penanae Kota Bima, beberapa prestasi yang dicapai sejak 2014 hingga saat ini dan inovasi yang ada di Kelurahan penanae.



Beberapa inovasi yang dilakukan yakni membentuk kelompok pemuda peduli kebersihan dan peraturan tentang sanksi buang sampah sembarangan dan ronda malam. “Program-program tersebut mendukung untuk mewujudkan Kelurahan Penanae sebagai salah satu kelurahan terbaik yang ada di Kota Bima,” katanya.



Sementara itu Plh Walikota Bima Drs. H Mukhtar MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat kelurahan penanae sangat antusias menghadapi lomba kelurahan Tingkat Provinsi NTB. Seluruh masyarakat dan staf kelurahan dan pemerintah Kota Bima saling bahu membahu mempersiapkan segala keperluan untuk lomba.



“Oleh karena itu, kami berharap tim penilai dapat melakukan penilaian secara obyektif dan memilih Kelurahan Penanae sebagai juara terbaik dalam Lomba Kelurahan Terintegrasi tahun ini. Kami sangat optimis jadi juara terbaik,” tegasnya yang disambut dengan tepuk tangan para tamu undangan.



Diakhir sambutannya Plh Walikota Bima mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, bergotong royong untuk mewujudkan lingkungan yang asri dan indah serta memperkokoh semangat kebersamaan.



“Dapat juara itu penting, tapi lebih penting lagi ada motivasi dan pembinaan,” ujarnya.



Acara dilanjutkan dengan penilaian dan peninjauan lapangan oleh Tim penilai didampingi dari tim pendamping dari jajaran intansi terkait lingkup pemerintah Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.