Sambangi Tiga Gili, Bupati KLU Pastikan Kondisi Gili Sudah Pulih dan Aman Untuk Wisatawan



KLU, Media NTB - Tiga gili (Trawangan, Meno dan Air) Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Lombok Utara tak luput dari goncangan gempa bumi berkekuatan 7,0 SR yang terjadi pada minggu (5/8). Tiga gili yang menjadi  andalan utama pendapatan daerah Lombok Utara lumpuh total. Namun, kerusakan yang diakibatkan gempa bumi tidak semasif yang ada di daratan. Sekitar 10 bangunan industry pariwisata di tiga gili mengalami rusak ringan. Demikian diakui Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, saat berkunjung ke tiga pulau andalan pendapatan daerah Lombok Utara, Rabu (15/8).



Bupati Bersama unsur TNI dan Polri serta jajaran pejabat pemerintahan dalam kunjungannya mengatakan kerusakan infrasetruktur yang ada di tiga gili tidak separah kerusakan yang ada di daratan. Hanya sekitar 10 persen saja, artinya masih banyak bangunan yang bisa di manfaatkan.



Meski, menurut bupati, untuk membangkitkan kembali sector pariwsata  di Lombok Utara merupakan pekerjaan yang memang tidak mudah. Namun tidak terlalu banyak kesulitan yang dihadapi. Yang penting sekarang bagaimana cara menyampaikan kepada wisatawan maupun masyarakat bahwa kondisi di tiga gili sudah sangat aman. Kenyamanan seperti biasa dan sangat aman.



“Tidak perlu kawatir adanya kejahatan yang biasa terjadi paska bencana alam karena sudah banyak apparat yang ditugaskan menjaga tiga gili,”ujarnya.



Dijelaskannya, tanggal 19 Agustus 2018 nanti pihaknya akan mendatangkan wisatawan, bekerjasama dengan perusahaan tranportasi wisatawan seperti Eka Jaya dan para pelaku wisata sekaligus ,mendeklarasikan bahwa pulau wisata tiga gili sudah pulih paska bencana. Demikian juga dengan destinasi wisata yang ada di daratan.



“Saya berharap kepada masyarakat khususnya tiga gili untuk tidak  terus-terusan larut dalam kesedihan. Mari kita bangkit kembali membangun sector pariwisata kita kedepan. Kita ingin tiga gili kembali normal, karena kita tau bahwa tiga gili adalah merupakan sector terpenting dari roda perekonomian kita di Lombok Utara,”terangnya.



“Saya akan minta Kadis Pariwisata untuk segera melakukan rapat bersama semua pelaku wisata di tiga gili. Kita ingin memulihkan Bersama image tiga gili ini paska bencana gempa yang terjadi dan menimpa Lombok pada umumnya dan Lombok Utara pada khusunya,”imbuhnya.



Lebih lanjut bupati menyampaikan, kondisi tiga gili bisa pulih dengan kerjasama semua pihak terlebih para pelaku wisata. “Saya yakin wisatawan akan datang kembali ke tiga gili. Bahkan akan menjadi daya Tarik tersendiri ketika rasa keingintahuan wisatawan yang ingin mengetahui kondisi tiga gili paska becana gempa terjadi,” tandasnya.



Sementara itu, salah seorang pemilik usaha di tiga gili Matteu kepada bupati mengaku siap membangkitkan kembali pariwisata di tiga gili. Namun, untuk tahap awal ini pihaknya akan memulihkan bangunan yang mengalami kerusakan.



“Dalam waktu dekat kita akan kembali mempromosikan dan memastikan tiga gili sudah normal kembali,”. Tutupnya.(Uchok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.