Header Ads

Akibat Kemarau Panjang, Petani di Kecamatan Wera Gagal Panen

Kondisi Padi Milik Petani di Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Foto: Iphul


Bima, Media NTB - Akibat kemarau panjang yang melanda Kecamatan Wera khususnya dan Bima pada umumnya, petani di dua desa di Kecamatan Wera Kabupaten Bima mengalami gagal panen karena tanaman yang mereka olah kini mengering.



Kedua desa tersebut merupakan desa Bala dan desa Nunggi, Sekitar 6 Hektar tanaman padi yang berada di  persawahan petani di tengah kedua desa tersebut mengalami kerugian yang cukup besar.



Penyebabnya karena curah hujan di kecamatan wera cukup jarang sehingga mengakibatkan tanaman padi mengering dan gagal panen



Salah satu petani padi, Fatimah (46) mengakui bahwa tahun ini kemaraunya cukup panjang dan mengaku cukup rugi, "Biasanya kami menanam padi sebanyak tiga kali per tahun dan hasilnya seperti biasanya kami dapat memanennya dengan biji padi yang memuaskan, namun kali ini kami mengalami kerugian," Ungkapnya.



Ia menambahkan, bahwa ia sangat mengharapkan bantuan pemerintah untuk memberikan solusi supaya di tahun depan dapat menanam padi sebanyak tiga kali setahun, meskipun terjadi kemarau panjang seperti ini, namun aktifitas pertanian tetap lancar, makanya ia mengharapkan solusi dari pemerinta.



Namun apapun yang terjadi, merupakan kuasa Allah, dan harus kita syukuri. Tutup Fatimah.



Hingga berita ini diturunkan, KUPT Pertanian Kecamatan Wera belum  dapat dihubungi untuk meminta tanggapannya.(Iphul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.