Header Ads

Bupati dan Wakil Bupati Bima Sambut Tim Baksos Operasi Celah Bibir dan Lelangit



Bima, Media NTB - Jum'at 14/09/2018, bertempat di Ruang Rapat RSUD Kab. Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri,  SE didampingi oleh Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer,  Direktur RSUD drg. H. Ihsan, MPH dan KTU serta beberapa pejabat lingkup RSUD, Kabag. Humaspro Setda;  menyambut kehadiran Tim Bakti Sosial Operasi celah bibit dan Lelangit yang berasal dari Rumah Sakit Port Health Center (PHC) Surabaya dan Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Jawa Timur.



Tim sebagaimana dimakaud terdiri dari 14 irang Dokter Spesialis Bedah Mulut, 1 orang Dokter Spesialis Anestesi dab Reanimasi serta 2 orang Perawat Anestesi.



Adapun kegiatan dimaksud merupakan rangkaian tak terpisahkan dari kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya yakni Seminar Ilmiah PDGI Cabang Bima - Dimpu yang diikuti oleh sebanyak 40 orang Dokter Gigi se-Pulau Sumbawa pada 11 Agustus lalu; Penjaringan  Pasien Celah Bibir dan Lelangit yang dilakukan oleh seluruh Dokter Gigi yang berada di Kab. Bima, Kota Bima dan Kab. Dompu sejak Januari sampai dengan Juni 2018, Screening Pasien yang dilaksanakan pada 27 sampai dengan  28 Juli 2018 yang akhirnya akan ditutup dengan Operasi Celah Bibir dan Langit-langit pada tanggal 13 sampai dengan 16 September 2018.


Distribusi keseluruhan Pasien yang terjaring sebanyak 31 orang namun karena alasan medis maka keseluruhan Pasien yang akan dioperasi sebanyak 22 orang terdiri dari 15 orang dari Kabupaten Bima, 5 orang dari Kota Bima dan 2 orang dari Kabupaten Dompu.



Kepafa para Pasien yang dioperasi diberikan fasilitas pelayanan berupa penanggungan seluruh Biaya Operasi dan Control Post operasi  serta uang transport dari pihak Panitia. Untuk Operasional Panitia Pelaksana didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bima melalui BANK NTB.



Dr. drg. Ni Putu Mira Sunarta, Sp. BM (Konsulen) dalam pengantarnya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian moral dan tanggungjawab profesional demi meningkatkan derajad kesehatan masyarakat yang juga diharapkan akan memupuk rasa percaya diri bagi masyarakat yang memiliki cacat fisik khususnya penderita Celah Bibir dan Lelangit (Sumbing).



Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang tinggi atas kehadiran Tim dan berkomitmen untuk memberikan dukungan maksimal karena kegiatan seperti ini sangat membantu dalam upaya mereduksi kendala kesehatan masyarakat khususnya para penderita Celah Bibir dan Lelangit (Sumbing).


"Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan pada setiap tahunnya" ungkap Umi Dinda.



Pada akhir acara, dilakukan sesi penyerahan Plakat dan foto bersama.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.