Mendikbud Muhajir Efendi Membuka Indonesia Culural Festival 2018 di Baku Azerbaijan



Baku, Media NTB - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhajir Efendi langsung datang dari Jakarta Indonesia untuk membuka rangkain Indonesia Cultural Festival 2018 di Haydar Aliyev Sarayi Baku Azerbaijan, Kamis Malam,(13/9).



Hadir dalam pembukaan tersebut Menteri Pendidikan Azerbaijan Abulfaz Garayev dan ribuan warga Azerbaijan dan ratusan pengusahan dari Indonesia.



Muhajir Efendi dalam sambutan pembukaannya mengatakan, bahwa dirinya terkejut pada warga Azerbaijan yang mencintai Indonesia.



"Saya terkejut sekali dengan kecintaan warga Azerbaijan kepada Indonesia. Saya lihat hampir semua yang menari tarian Indonesia pesertanya dari Mahasiswa Azerbaijan. Saya ucapkan sukses untuk Pak Dubes Husnan Bey Fananie yang telah menyelenggarakan ICF, ini hubungan yang bagus sekali antara Indonesia dan Azerbaijan," ungkap Muhajir Efendi dalam kata sambutannya.


Menteri Kebudayaan Azerbaijan Abulfaz Garayev pun mengatakan pada sambutannya, ICF di Azerbaijan telah diselenggarakan sudah 3 Tahun berturut - turut.



"Indonesia Cultural Festival sudah diselenggarakan 3 Tahun berturut - turut, sekarang banyak warga Azerbaijan tahu Indonesia, cinta budaya Indonesia," ungkap Abulfaz Garayev.



Acara yang dibuka dengan pemukulan gong oleh Mendikbud Muhajir Efendi, Abulfaz Garayev Menteri Kebudayaan Azerbaijan dan Dubes RI untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie disambut meriah dan tepuk tangan dari para penonton.



Husnan Bey Fananie selaku Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan mengatakan,  bahwa dari ICF ini banyak memunculkan paradigma baru untuk Indonesia dan Azerbaijan.



"Karena ada ICF ini banyak warga Azerbaijan tau tentang Indonesia, banyak dari mereka ingin berlibur ke Indonesia dan ingin berbisnis dengan warga Indonesia. Saya ucapkan luar biasa sekali kepada warga Indonesia yang datang langsung ke Azerbaijan untuk mempromosikan Produk dalam negri Indonesia kepada warga Azerbaijan. Dalam Acara ICF ini kita akan adakan Bisnis Meeting dan yang paling heboh nanti adalah Expo di Jantung Kota Azerbaijan Founten Square pada Sabtu Minggu besok," kata Husnan Bey Fananie.


Adapun Tarian Indonesia yang perfome pada pembukaan ICF 2018.



Tarian Ondel-ondel, Tarian Prampak Gendang, Tarian Enggang, Tarian Mambri, Tarian dari Tulang Bawang Barat Lampung, Jajar Gandrung dan Reog Ponorogo.



ICF 2018 yang dimeriahkan  oleh Pemkab. Tulang Bawang Barat, Pemprov. DKI bersama Srikandi Jakarta, Pengusaha dari Indonesia yang memeriahkan dan mempromosikan produk asli Indonesia. PT JFK Exportir Rempah - rempah Indonesia, Batik Betawi Gobang, Delima Candi Amazing, PT PASI, Batik Coretta Indonesia, Kerajinan Kayu Larasindo Furniture dari Klaten Jawa Tengah, PT. Langlang  Buwana, KK Shop (Batik Cake), Altra Tour and Travel, Kerajinan SanCraft, Coklat Macoa dari Sulbar, Kopi Mandar dari Sulbar dan juga dimeriahkan okeh Atlet Pencak Silat dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT),  Kaligrafer Nasional utusan Kemenag RI dan yang paling meriah lagi akan ada penampilan Reog Ponorogo dari sanggar Sabuk Janur yang datang langsung dari Ponorogo, Jawa Timur dan Guest Star Jasser dari Indonesia Dwiki Darmawan, Ita Purnama Sari dan Amelia Ong.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.