Header Ads

MTQ Tingkat Desa Sakuru Tahun 2018 Berlangsung



Bima, Media NTB - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Desa Sakuru yang ke-51 tahun 2018 di lapangan Mutiara desa Sakuru Sabtu malam (15/09/2018), acara yang berlangsung semarak dan meriah ini dibuka resmi oleh Camat Monta, Muhtar, S.H, yang diawali dengan pembukaan ayat-ayat suci Al-qur'an oleh, Amrin Yasin, kemudian dilajutkan pelantikan dewan Hakim dan penitra dan penyerahan SK oleh Kepala Desa Sakuru, Drs. Supratman kepada panitia.



Hadir saat pembukaan MTQ, Polsek, Danramil, dan KUA Monta, Kantimmas, Babinsa desa Sakuru, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan undangan lainnya.



Ketua Panitia, Suherman Adam dalam laporanya, menyampaikan MTQ tingkat Desa Sakuru yang ke-51 tahun 2018 ini, diikut sertakan, sebanyak 147 peserta, Putra 68 peserta dan Putri, 79 peserta, yang terdiri dari golongan, adapun cabang yang dilombakan terdiri dari 8 cabang perlombaan yakni Tilawatil Tartil:

I. Putra 35 orang Putri 45 orang
II. Anak-anak Putra 9 orang
Putri 11 orang
III. Remaja Putra 7 orang
Putri 6 orang.
IV. Dewasa Putra 7 orang
Putri 6 orang.
V. Cabang Hifdzil Qur'an
1. MHQ 1 Juz dan Tilawatil, Putra 5 orang Putri 9 orang.
2. MHQ 5 Juz Putra 2 orang Putri 1 orang.
VI. Cabang Fahmil Qur'an Putra 14 Regu, Putri 14 Regu.
VII. Cabang Syahril Qur'an, Putra 14 Regu dari 14 RT.
VIII Cabang Khat Al-Qur'an 5 orang, sumber dana dari Pemerintah Desa Sakuru, dan Partisipasi dari seluruh elemen masyarakat Desa Sakuru, imbuhnya.



Drs. Supratman, selaku Kepala Desa Sakuru, menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat Desa Sakuru yang telah membantu, baik tenaga, pikiran, sumbanga, atas terlaksanannya pembukaan kegiatan MTQ Tingkat Desa, mudah-mudahan kegiatan ini terlaksana dengan baik dan aman sampai berakhir.



Camat Monta, Muhtar, S.H, dalam sambutannya mengungkapkan rasa senang dan bangga atas pelaksanaan MTQ tingkat Desa Sakuru tahun ini, karena menurutnya sudah sejalan dengan program Pemkab Bima menumbuhkabangkan pemahaman dan membumikan Al-qur'an, serta sebagai wadah seleksi di tingkat Desa Sakuru, untuk kemudian diikut sertakan di tingkat Kecamatan.



Selajutnya kata dia, MTQ ini juga diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, mengenal, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an, saat ini cenderung melemah, baik kualitas maupun kuantitasnya.



Suherman berharap melalui kegiatan ini, generasi muda kita lebih Qur'ani sehingga membuat kehidupan lebih damai dan religius di Bumi maja labo dahu ini, dan kami juga berharap pada momen ini, agar donatur-donatur dan sumbangan dari pihak lainnya sebagai amalan akhirat, untuk hadiah anak-anak kita yang mengikuti lomba MTQ Desa Sakuru.(Usman)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.