Header Ads

NU Peduli Tetapkan Desa Bukit Tinggi Lobar Salah Satu Wilayah Dampingan Paska Gempa



Mataram, Media NTB - Ketua Tim NU Peduli untuk korban Gempa Lombok , Baiq Mulianah mengatakan usai tanggap darurat gempa yg ditetapkan pemerintah tanggal 25 Agustus mendatang , Tim NU Peduli akan tetap menyalurkan distribusi bantuan untuk korban gempa , termasuk mengerahkan tim medis, paramedis dan trauma healing untuk memulihkan dan mengobati penyakit  di sejumlah tenda pengungsian.



"Saat ini NU Peduli mengkoordinir 34 orang  tim medis , termasuk dokter spesialis yg diperbantukan di RS darurat Pemda KLU maupun yang melakukan pelayanan kesehatan di puluhan titik pengungsian  ," ungkap Baiq Mulianah , di Posko Utama NU Peduli , Aula PW NU NTB, Jl Pendidikan Mataram , Kamis (23/8).



Menurut Baiq Mulianah, NU Peduli hingga saat ini tetap menyalurkan bantuan kemanusiaan dari para donatur untuk korban gempa. Relawan-relawan NU Peduli tetap bergerak disetiap titik pengungsi yang kurang mendapatkan perhatian.



"Untuk agenda Bhakti sosial kesehatan kamis ini, tim medis NU Peduli menggelar pengobatan gratis usai istighosah di lapangan  Gunung Sari dan di desa bukit tinggi Lombok Barat karena secara geografis dusun tersebut terpencil dan luput dari perhatian," imbuhnya.



Baiq Mulianah  melanjutkan untuk hewan korban , NU Peduli mendapatkan bantuan 12 sapi dan 12 kambing dari para donatur. "Semua hewan korban tersebut akan disalurkan dan dibagikan kesemua titik korban gempa melalui PC NU se-pulau Lombok dan titik pengungsi lainnya seperti Tegal kota Mataram , Sigar Penjalin, Santong, mumbul sari, Gunung Sari,  Sambelia - obel-obel, dll" tambahnya.


Baiq Mulianah juga menginfokan NU Peduli juga akan menerima donasi dari Bank of China sebesar 100 juta untuk korban gempa Lombok. " Untuk MoU nya besok di Jakarta ,  Jumat , 24/8 yang  akan diwakili oleh PBNU/LazisNU ," ujar Baiq Mul.



Selain memberikan bantuan yang bersifat karikatif dan Medis, NU Peduli juga akan memberikan pendampingan dan pemberdayaan dibeberapa titik pengungsi selama 6 bulan terhitung mulai bulan September 2018.



Baiq Mulianah  menambahkan untuk pendampingan pengungsi ini, pihak NU Peduli akan menitik beratkan pada upaya pemulihan dan rehabilitasi paska gempa.



"Ada lima program atau klaster yang akan di lakukan Tim NU Peduli  dalam pemberdayaan  pengungsi ini yakni program kesehatan, pendidikan,  perlindungan dan pengungsian, logistik dan sarana prasarana," kata Baiq Mulianah  sembari mengatakan kelima klaster tersebut saling kait mengait satu sama lain.



Pemberdayaan Desa Bukit Tinggi Lombok Barat

Terkait rencana program NU Peduli akan melakukan pendampingan dan pemberdayaan pengungsi untuk enam bulan ke depan,  dibenarkan oleh Ketua dan Sekretaris PC NU Lombok Barat.


Usai acara istighosah di lapangan gunung sari , Ketua PC NU Lombok Barat , Dr H Nazar Naamy M.Si mengatakan terpilihnya desa bukit tinggi sebagai kawasan dampingan NU Peduli karena wilayah tersebut medannya sulit dan jarang disentuh oleh bantuan kemanusiaan usai gempa. Padahal hampir semua penduduk nya yang 882 KK di bukit tinggi rumahnya roboh dan rata akibat gempa 7 SR dan gempa susulan lainnya.



"PC NU Lombok Barat dibawah koordinasi NU Peduli melakukan layanan kesehatan , bantuan logistik pengungsi , termasuk terpal, tenda dan pemasangan  tandon air kapasitas 5000 liter," tambah Sekretaris PC NU Lombok Barat Ahmad Ali Maksum, M Si.



Ditambahkan oleh Ahmad Ali Maksum bahwa PC NU Lombok Barat untuk tanggap darurat gempa dengan koordinasi dengan tim NU Peduli sudah mendirikan 4 Posko pengungsian yakni di batu layar , gunung sari, Lingsar dan Narmada.



"Sejak tanggal 5 Agustus lalu, PC NU Lombok Barat atas donasi dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim ( LPPBI) Kudus Jawa Tengah mendirikan Masjid Darurat di desa Longlit Nyiur Lembang , kecamatan Narmada Lombok Barat." PC NU Lombok Barat juga mengirimkan satu peleton Banser ke Lombok Timur saat gempa tgl 29/8 lalu," tambah Dr H Nazar Naamy.



Ketua PC NU Lombok Barat itu membenarkan untuk acara doa istighosah dilapangan gunung sari Lombok barat kamis (23/8) , pihaknya termasuk salah satu yang   menginisiasi pelaksanaan kegiatan  yang dilaksanakan oleh Pemda Lombok barat dan beberapa Ormas ini.

Sementara itu acara doa dan dzikir untuk gempa Lombok yang digelar Pemda Lombok Barat dilapangan gunung sari tadi pagi, Kamis (23/8) mendapat sambutan dan antusiasme yang luar biasa dari warga Lombok barat . Lebih dari 5000  ribuan warga menghadiri acara ini .Tampak  Hadir dalam acara istighosah tersebut Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi,  Rois Syuriah PBNU, Prof Dr Kyai Manarul Hidayat MA, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dan jajaran Muspida Lombok Barat serta Ketua PW NU NTB, TGH Taqiuddin Masyur yang didampingi Sekretaris PW NU NTB , Lalu Winengan.



Usai Acara Istighosah, Tim Medis NU Peduli menggelar pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis masyarakat korban gempa yang mendapat sambutan baik dari para warga dengan memeriksakan kesehatannya. "Alhamdulilah pelayanan kesehatan NU Peduli mendapat sambutan baik dari warga dan pengungsi Lombok barat," tukas Baiq Mulianah yang memantau langsung dilapangan. Tutupnya.(Uchok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.