Pangdam Udayana : Desa Tempat Paling Strategis Untuk Awali Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera



Mataram, Media NTB - Sesuai dengan kebutuhan organisasi terutama dalam pemenuhan personel Babinsa, Kodam IX/Udayana pada hari ini Rabu (12/9) menutup Pendidikan Pembentukan Khusus Babinsa yang diikuti oleh  304 orang  di Lapangan  Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan.



Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P,  bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Babinsa adalah ujung tombak dari satuan TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial ditingkat desa, karena itu Babinsa menjadi sangat penting artinya bagi TNI Angkatan Darat dalam rangka menyiapkan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia agar memiliki Ruang, Alat dan Kondisi juang yang tangguh sesuai dengan sistem pertahanan Negara Indonesia yakni Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).



“Walaupun lingkup tugas Babinsa hanya sebatas desa, namun tidak bisa dipungkiri bahwa justru di desalah tempat yang paling strategis untuk mengawali pembangunan bangsa menuju masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur”, demikian ujar Pangdam.



Selesai upacara Pangdam juga memberikan pengarahan yang pada intinya menekankan pada profil Prajurit Kodam IX/Udayana, dimana para Babinsa agar profesional dalam melaksanakanan tugas, memiliki loyalitas, bangga terhadap profesi dan mampu membangun kebersamaan.



Para Babinsa harus mampu melaksanakan tugas mulia ini, oleh karena itu materi pelajaran yang sudah diperoleh di Lembaga Pendidikan Rindam IX/Udayana ini agar terus dipelajari dan diperdalam ditempat tugas masing-masing, para Babinsa harus benar-benar menguasai Lima Kemampuan Teritorial dan mahir dalam penerapannya dilapangan.



Terapkan sikap teritorial dengan tulus hati,  tegur sapa, murah senyum dan santun, menghargai adat istiadat masyarakat setempat, tahu berterimakasih, sehingga seluruh warga desa akan menjadi mitra karib dari Babinsa itu sendiri, sehingga pelaksanaan tugas sebagai Babinsa akan dapat berjalan dengan maksimal.



Para pejabat yang hadir pada kesempatan tersebut antara lain, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Aspers Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana dan sejumlah pejabat lainnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.