Header Ads

STIT Bima Adakan Kuliah Umum “Bahas Tentang Sejarah dan Jejak Islam di Bima”



Bima, Medi NTB - Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Bima menggelar kegiatan Kuliah Umum, dengan tema “Menyusuri fase sejarah Bima dan jejak Islam di tanah Bima” yang bertempat di Aula kampus setempat.



Salah satu penggiat sejarah dan budaya yang ada di Bima yaitu Ruslan, S.Sos. atau yang biasa di sapa dengan Alan malingi dihadirkan sebagai pembicara. Kegiatan ini dihadiri oleh semua mahasiswa STIT dan Dosen.



“Kegiatan yang dilakukan oleh kampus STIT ini merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali, karena dengan cara seperti ini kita bisa memberikan pemahaman maupun pengetahuan, tentang ilmu-ilmu sejarah maupun budaya Bima kepada mahasiswa.” Demikian disampaikan oleh Alan Malingi kepada Media ini saat dikonfirmasi. Selasa (04/09).



Diakuinya, dalam dunia kemahasiswaan itu, memang perlu diberikan pemahaman tentang jejak-jejak Islam, agar mereka tau tentang Bima di masa lalu sehingga Bima menjadi landasan berpijak bagi mereka untuk di masa yang akan datang.



“Sehingga untuk kedepan kita tidak jauh dengan sejarah kita sendiri, karena peradaban-peradaban itu sudah kuat maupun kokoh dalam diri kita. “Terangnya.


“Karena Bima merupakan peradaban islam yang ada di bagian timur ini, mari kita kembalikan itu semua tentunya kita mempengaruhi kebijaka-kebijakan pemerintah sesuia dengan kebijkan yang dilakukan pada masa sebelumnya”. Bebernya.



“Apalagi di Bima ini sangat kental dengan budaya lokal seprti petuah leluhur pantun sair, karena itu bagian dari dari pada pola-pola penyebaran islam pada masa dulu. Tutup Alan.(Uchok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.