Header Ads

Kelurahan Manggemaci Dicanangkan Sebagai Kampung KB



Bima, Media NTB - Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda resmi dicanangkan sebagai salah satu Kampung KB di Kota Bima. Kelurahan Manggemaci merupakan salah satu dari 11 Kelurahan yang tersebar di 4 Kecamatan yang dicanangkan sebagai kampung KB pada tahun 2018. Pencanangan dilaksanakan oleh Staf Ahli Walikota Bima Ir. Darwis di halaman kantor Lurah Manggemaci pada Senin, 15 Oktober 2018.



Pencanangan diawali dengan pengukuhan Ketua dan Pengurus Kampung KB oleh Ketua Penggerak PKK Kota Bima Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi, SE. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Kota Bima Taufik A. Karim, Anggota FKPD Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan, Ketua Iswara Kota Bima, Ketua DWP Kota Bima, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah, anggota TP PKK Kelurahan, tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar.



Lurah Manggemaci Yusuf Ismail menjelaskan kondisi wilayah Kelurahan Manggemaci khususnya RW 02 yang dipilih menjadi salah satu Kampung KB dengan sebutan “Kampung KB Wadu Ntada Rahi”.



Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima Drs. Suriadi, MPd, menyampaikan, pencanangan Kampung KB di Kelurahan Manggemaci merupakan lokasi kedua pencanangan tahun ini. Sebelumnya pada tanggal 11 Oktober 2018 telah dicanangkan di Kelurahan Sambinae. Masih ada 9 Kelurahan lainnya akan dicanangkan yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Mpunda, Rasanae Barat, Raba dan Asakota.



Beberapa OPD juga turut berpartisipasi dalam pencanangan Kampung KB dan memiliki program yang terintegrasi dengan program KKBPK sehingga dapat memberikan pelayanan di tempat pencanangan Kampung KB. Salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bima yang menyiapkan pelayanan pencetakan KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di setiap Kelurahan yang akam dicanangkan.



Sedangkan Ketua TP PKK Kota Bima dalam arahannya menyampaikan bahwa 10 program PKK sangat erat kaitannya dengan program kesehatan dan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).



“Saya harapkan kader-kader PKK agar jangan sampai ketinggalan dengan informasi tentang KB serta informasi terkait berbagai permasalahan keluarga”, ujar Ketua TP PKK Kota Bima.



Selain itu diharapkannya PKK dan BKKBN dapat bersinergi pada pelaksanaan program sehingga memiliki daya ungkit bagi peningkatan kesejahteraan keluarga di lokasi Kampung KB.



Staf Ahli Walikota Bima menjelaskan, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. Diharapkannya giat kampung KB ini tidak terhenti setelah dicanangkan namun dapat bergema dalam kegiatan kelanjutan yang nyata di masyarakat.



“Kesuksesan program ini tergantung sungguh pada kerjasama berbagai elemen yang terlibat mulai dari pemerintah, lembaga non pemerintah maupun swasta”, ujar Staf Ahli.



Pada akhir acara, secara simbolis diserahkan bantuan berupa Al-Quran, Iqro, KTP, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga oleh Staf Ahli Walikota didampingi Ketua TP PKK Kota Bima dan Kepala Dinas Dukcapil.



Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pelayanan kesehatan di Polindes Manggemaci oleh Ketua TP PKK Kota Bima didampingi Ketua GOW Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.