Kepala Desa Diminta Proaktif Update Data dan Informasi



Mataram, Media NTB - Dukungan penuh dari Bupati / Walikota, khususnya melalui camat dan kepala desa/kelurahan di setiap wilayah terdampak dinilai penting dalam penanganan bencana. Karena itu, kepala desa/kelurahan diminta terus untuk proaktif untuk selalu mengupdate data dan informasi terkait rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. Hal itu dikatakan Gubernur  NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc, saat menghadiri penyerahan bantuan komunikasi berupa handphone dan kartu internet dari PT XL Axiata, Rabu (10/10/2018) di ruang rapat utama kantor Gubernur NTB.



Dalam upaya penanganan pasca bencana, komunikasi  seringkali menjadi masalah. Belajar dari beberapa daerah di Indonesia yang juga mengalami musibah serupa, seperti Aceh dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pemerintah provinsi setempat tidak mungkin bekerja sendiri.



Gubernur menjelaskan, pemerintah telah membentuk pusat komando ( command center), guna memudahkan proses mengakses data secara realtime. Sehingga, Pemerintah Provinsi benar-benar memiliki informasi yang lengkap dan up to date, langsung dari daerah terdampak.



Gubernur menambahkan, melalui fasilitas smartphone serta paket internet gratis selama satu tahun dapat memudahkan berbagai pihak untuk mengakses informasi. Terutama beberapa desa, kecamatan serta sekolah yang terdampak bencana.  Melalui CC, yang dikomandai Wakil Gubernur NTB, Dr Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, semua koordinasi informasi dapat berjalan lancar.



“Laporan yang diterima nanti bukan hanya berupa laporan secara tertulis maupun lisan namun juga bisa dikirim dalam bentuk foto maupun video,” terang Gubernur.



Doktor Zul, sapaan akrab Gubernur NTB itu berharap, segala perkembangan yang terjadi di lapangan secara rutin bisa dipantau setiap sore melalui Command Center. Data dan laporan itu nantinya akan menjadi bahan evaluasi oleh pemerintah provinsi.



Total 285 bantuan smartphone yang dilengkapi paket bebas internet selama 1 tahun diserahkan kepada camat, kepala desa dan madrasah yang terdampak parah bencana gempa. Bantuan tersebut diserahkan langsung Direktur Telnologi PT XL Axiata, Yessie D Yosetya.



Sebagai salah satu pimpinan provider dengan jumlah pelanggan  di pulau lombok sumbawa yang mencapai 90%.



Menurut Yessie, akan terus mendukung pemda dalam proses pemulihan kondisi pasca bencana.  “Kami mendukung semaksimal mungkin, terus berupaya memelihara pasokan jaringan telekomunikasi,  mempermudah update informasi, gerakan peduli sosial  seperti trauma healling hingga pemberian bantuan layanan kesehatan bagi masyarakat korban gempa," jelasnya.



Bantuan berupa perangkat komunikasi diserahkan langsung oleh Gubernur dan Wagub kepada perwakilan 10 camat, 10 kepala desa dan 3 madrasah di wilayah terdampak bencana.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.