Header Ads

Momentum HKN 2018, Komunitas Nisa Bea Inisiasi Kegiatan Gotong Royong Bersihkan lingkungan

Iskandar

Bima, Media NTB - Kesehatan adalah salah satu kebutuhan utama manusia dari jaman ke jaman. Dalam mewujudkan kebutuhan atas kesehatan ini, terus dilakukan diupayakan bahkan di dunia telah dibentuk organisasi yang bergerak di bidang kesehatan WHO, USAI dan lain sebagainya.



Di Indonesia sendiri, upaya untuk terwujudnya masayarakat sehat terus digenjot dari tahun ke tahun. Sebagaimana tercatat bahwa sejak tahun 1959 era presiden Soekarno, dilakukan upaya pemberantasan wabah penyakit secara masif yang puncaknya pada tanggal 12 November yang selanjutnya itu ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang terus diperingati oleh pemerintah dan masyarakat hingga sekarang.



Pemerintah Nasional maupun Daerah tiap tahunnya selalu menggelar kegitan bertemakan kesehatan pada momentum HKN, namun kegitan tersebut masih berupa seremonial oleh stakeholder di Bidang kesehatan, padahal visi dasar dari HKN adalah berorientasi pada terwujudnya masyarakat sehat menuju Indonesia sehat.



Informasi yang berhasil dihimpun media ini, ada yang menarik di tahun 2018 ini. Di kabupaten Bima tepatnya desa Karumbu, kecamatan Langgudu, ada rencana kegiatan masyarakat yang dipelopori oleh komunitas Nisa Bea untuk menjadikan momentum peringatan HKN November mendatang dengan melakukan kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan.



"Kami dari Komunitas Nisa Bea kecamatan Langgudu akan melakukan kegiatan pembersihan pada momentum HKN 2018, ini sebagai wujud nyata dari kami sebagai masyarakat untuk menciptakan lingkungan sehat, masyarakat sehat sebagaimana tujuan daripada HKN itu sendiri, minimal di lingkungan tempat tinggal kami" Ungkap perwakilan pemuda Karumbu Iskandar selaku inisiator kegiatan yang dimaksud.



Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, digagasnya kegiatan bakti sosial ini dilakukan secara swadaya karena menurutnya, selama ini HKN hanya menjadi agenda tahunan oleh pemerintah berupa pembersihan kantor, senam dan lain sebagainya dan minim keterlibatan masyarakat padahal yang ingin diwujudkan adalah lahirnya kesadaran masyarakat untuk membudayakan hidup sehat.



Rencananya, kata Iskandar, kegiatan itu akan digelar pada hari Minggu 11/11/2018 tepatnya sehari sebelum HKN. Dilakukannya kegoatan itu pada tanggal 11 mengingat itu bertepatan hari Minggu sehangga selain masyarakat, dihadapkan juga instansi pemerintah dapat melibatkan diri dengan kegitan yang dimaksud.



"Jika selama ini yang menginisiasi adalah pemerintah, dan mengahapkan keterlibatan masyarakat, makan ditahun ini kami masyarakat yang menginisiasi dan berharap pemerintah melibatkan diri dalam kegiatan memperingati HKN yang kami gagas." Ungkap Iskandar.



Demi suksesnya kegiatan yang digagas ini, iskandar bersama komunitas Nisa Bea mulai membentuk Panitia dan melakukan sosialisasi pada masyarakat khususnya di desa Karumbu dan kacamatan Langgudu dan juga pada instansi pemerintah dan sekolah sekolah dengan harapan banyak pihak yang akan mendukung dan melibatkan diri.



"Rencana awal kegiatan yang akan dilakukan yakni pembersihan sungai, pembersihan saluran air, jalan sehat, senam sehat dan akan ada tambahan kegiatan seiring waktu dengan adanya masukan dari masyarakat dan pihak pihak yang akan melibatkan diri." Tutup iskandar.(Nurdin Micky)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.