Header Ads

Sekda NTB: GEN Sebuah Trobosan Atasi Stunting di NTB



Mataram, Media - Sebagai salah satu upaya mengatasi permasalahan Stunting di di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Program Generasi Emas NTB (GEN) dapat menjadi sebuah trobosan solusi.



Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti saat menjadi keynote speech dalam Workshop Jejaring Keamanan Pangan Provinsi NTB dan Focus Group Disscussion (FGD) mengenai intensifikasi pengawasan pangan fortifikasi tahun 2018, (10/10).



GEN yang diharapkan dapat terwujud di tahun 2025 ini memang merupakan program yang sangat besar. Program yang melibatkan banyak pihak ini fokus untuk membentuk generasi NTB sejak dalam masa kandungan.



"Menurut Ilmu Pengetahuan, manusia bisa dibentuk sejak dalam kandungan. Oleh karena itu untuk menekan kasus stunting, harus dimulai dari memperhatikan ibu yang mengandung. Makanannya harus dikontrol sejak mengandung hingga seribu hari kehidupan," jelas Sekda.



Lebih jauh, Sekda menjelaskan untuk menyelesaikan kasus stunting ini, peran Balai POM saja tidak penting. Harus ada kerjasama antara berbagai pihak untuk mewujudkan generasi NTB yang lebih baik.



Acara workshop dan FGD ini tidak hanya menampilkan Sekda sebagai pembicara. Pembicara juga dari beberapa instansi terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah NTB (BAPPEDA), dan beberapa instansi terkait lainnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.