Header Ads

Temu Karya Daerah Forum Pengurus Karang Taruna Kota Bima Digelar


Bima, Media NTB - Asisten I Setda Kota Bima Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Drs. H. M. Farid, M. Si, menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Temu Karya Daerah (TKD) III Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kota Bima. Kegiatan berlangsung di aula Kantor Kecamatan Mpunda, pada Rabu, 10 Oktober 2018.



Kegiatan dihadiri Ketua Komisi I DPRD Kota Bima Taufikurrahman, SH, Kepala Dinas Sosial Kota Bima Drs. H. Muhidin, MM, Camat Mpunda, perwakilan Badan Kesbangpol, ketua serta anggota Karang Taruna Kelurahan di Kota Bima.



Asisten I dalam sambutannya menyampaikan, melalui kegiatan temu  karya FPKT Kota Bima yang ke-3 ini diharapkan muncul kader-kader muda yang handal, kreatif dan inovatif. Karang taruna sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah memiliki fungsi motivator sekaligus evaluator dalam membantu pemerintah menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat.



Selain itu, Karang Taruna diharapkan dapat berperan menyelesaikan permasalahan sosial dalam masyarakat baik pada tingkat kelurahan, kecamatan, maupun Kota Bima, sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota saat ini, misalnya program menciptakan 10 ribu lapangan pekerjaan.



“Banyak program yang dijanjikan Walikota dan Wakil Walikota kita mulai dari tingkat Kelurahan. Peran serta karang taruna sangat diharapkan dalam pendampingan program ini, misalnya bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat dengan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti bakulan, permodalan, perbengkelan, dan lain-lain. Permasalahan besar kita adalah menyelesaikan persoalan sosial yang ada di tingkat kelurahan, kecamatan maupun di tingkat kota”, kata Asisten I.



Dikatakannya, kepekaan dan kepedulian pemuda patut diberi penghargaan dan dukungan, sehingga mereka akan terus termotivasi dalam memberikan pengabdian demi kemajuan daerah. “Karena pemuda memiliki potensi sangat besar, sesuai ucapan Bung Karno, ‘beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia’”, kutipnya.



Asisten I berharap Karang Taruna bisa terus berperan serta dalam pemberdayaan masyarakat, terutama untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Bima.


Sementara itu, Ketua Forum Karang Taruna Kota Bima Ahmad Ishaka menyampaikan bahwa Karang Taruna adalah organisasi kemasyarakatan pemuda sebagai bagian integral yang melahirkan pemuda untuk berkarya, berinovasi membangun kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik.



Selain itu, Karang Taruna memiliki orientasi yang amat kuat dalam pembangunan kesejahteraan sosial masyarakat  tanpa kepentingan politik apapun. Oleh karena itu, Karang Taruna harus dibangun maksimal dalam rangka memajukan potensi pemuda.



Katanya, banyak keinginan untuk mengembangkan potensi-potensi kepemudaan yang ada, namun belum mampu diwujudkan oleh Karang Taruna. “Semoga lewat Temu Karya Daerah Kota Bima ke-3 ini bisa menghasilkan potensi pemuda yang handal  yang dapat memajukan Karang Taruna kedepannya”, pungkas Ahmad Ishaka.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.