Header Ads

Anggota TSBK, Organisasi dan Masyarakat Terlibat Gotong Royong Bersihkan Sungai Padolo



Bima, Media NTB - Usai melakukan apel pagi di lapangan merdeka, seluruh anggota TSBK kota Bima dan sejumlah relawan dari berbagai organisasi dan masyarakat Minggu pagi (04/11) bergerak menuju sungai Padolo untuk melaksanakan kegiatan gotong royong bersih-bersih sungai setempat.



Kegiatan tersebut dihadiri oleh walikota Bima, direktur pengurus resiko bencana (PRB), BNPB, Ketua DPRD kota Bima, kepala Kejaksaan Raba Bima, ketua pengadilan negeri Raba Bima, kapolresta Bima, Kodim 1608/Bima, Sekda kota Bima, serta lurah Dara.



Kegiatan pembersihan sungai Padolo ini adalah pelaksanaan sekolah sungai yang merupakan salah satu gerakan nasional pengurangan resiko bencana yang termasuk untuk meningkatkan kebersamaan, kesetiakawanan sosial, dan gotong royong yang baik menjadi nilai budaya di masyarakat dalam pengelolaan resiko bencana di wilayah masing-masing.” Ungkap Ir. H. Sarafuddin, M.M kepala BPBD kota Bima saat ditemui oleh media ini pada Minggu (04/11).



Diakuinya abhwa gerakan nasional pengurangan resiko bencana ini, bertujuan untuk mewujudkan komunitas yang mampu mengelola dan mengurangi resiko bencana, serta meningkatkan kualitas dan mencitkan jejaring komunitas, sebagai agen pengkaderan dalam memperkuat dan mengembangkan pengurangan resiko bencana.



“Karena dilihat dari potensi ancaman dan kerentanan kota Bima yang dikelilingi oleh gunung, dan sebagian besar wilayahnya di lalui sungai besar maupun sungai kecil, maka kegiatan seperti ini perlu dikembangkan di wilayah lainnya”. Teranganya.



“Untuk menindak lanjuti dari pencanangan ini, nanti kami akan mengkomunikasikan bersama BNPB, DLH, serta instansi lainnya untuk mempelopori komunitas sungai yang sudah terbentuk di 33 kelurahan tersebut”. Katanya.


Menutup pembicaraannya, H. Sarafuddin menyampaikan bahwa untuk kelurahan Paruga dan Dara telah terbentuk komunitas Sungai Padolo yang akan mengelola dan memelihara sungai Padolo.(Uchok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.