Header Ads

Bupati KSB: Budaya Harus Dilestarikan



Taliwang, Media NTB - Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M mengajak masyarakat untuk menjaga, memperkuat dan melestarikan budaya.



Seruan tersebut disampaikan Bupati saat membuka Pawai Budaya Festival Taliwang 2018 di Komplek Perkantoran Pemerintah KSB, Kemutar Telu Center (KTC), Kamis siang (15/11/2018). Dikatakan Bupati, budaya memiliki daya rekat yang kuat. Budaya bisa mempererat silaturrahmi dan mempererat persaudaraan. Budaya juga memiliki peran dalam lahirnya KSB 15 tahun silam.



Lanjut Bupati, pada peringatan Harlah KSB tanggal 20 November nanti, akan hadir Menko PMK Ibu Puan Maharani dan Menteri PANRB. Kehadiran kedua menteri merupakan kado peringatan Harlah KSB tahun 2018. Di acara itu, tamu undangan harus menggunakan pakaian adat. “Pekerjaan adat atau boat adat ini perlu diperkuat. Boat adat ini kita tetap lestarikan untuk memperkuat kebersamaan dan kekompakan kita,” kata Bupati.



Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KSB, Ir. I.G.B Sumbawanto, M.Si dalam laporannya menyampaikan, Festival Taliwang 2018 merupakan kegiatan  untuk memeriahkan Hari Lahir ke-15 Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2018. Ada 14 kegiatan dari rangkaian Festival Taliwang yang sudah dimulai sejak bulan Oktober lalu. Untuk Pawai Budaya hari ini peserta  berasal dari Organisasi Perangkat Daerah KSB, Instansi Vertikal, Kantor Camat, rombongan budaya Kabupaten Sumbawa dan perwakilan Etnis yang ada di KSB, seperti Etnis Jawa, Lombok, Etnis Mbojo, Bali dan lainnya.



Pembukaan Pawai Budaya Festival Taliwang 2018 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati yang didampingi Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, S.T dan pejabat lainnya. Usai memukul gong, Bupati dan Wakil Bupati kemudian melepas kontingen peserta pawai adat yang dimulai oleh kontingen TP-PKK KSB disusul kontingen GOW KSB, Dharma Wanita Persatuan KSB dan kontingen lainnya. Berbagai contoh tradisi yang ada di KSB, Sumbawa, Lombok, Mbojo dan lainnya di tampilkan dalam pawai ini, seperti ngiring pengantan, budaya sorong serah dan lainnya. Ribuan pasang mata warga Kota Taliwang pun menyaksikan pawai tahunan ini.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.