Header Ads

Cegah Peredara Narkoba di Lingkungan Prajurit, Kodim Lotim Gelar Tes Urine



Selong, Media NTB - Komado Distrik Militer 1615/Lotim menggelar tes urine kepada seluruh personel jajarannya dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Markas Kodim 1615/Lotim, Senin (12/11).



Sebanyak 80 personel baik staf maupun Koramil jajarannya mengambil gelas plastik yang disiapkan untuk menyimpan air seni sesuai dengan nomor absen yang sudah terdaftar.



Pada kesempatan tersebut, Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar bersama Kasdim Mayor Inf Arifianto melihat langsung urut-urutan prosesi pengecekan urine yang diawasi langsung Pasi Intel Kodim Kapten Inf I Nengah Senang.



"Pengecekan urine ini dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisi Prajurit tidak menggunkan Narkoba atau sejenisnya," ungkap Dandim.



Dijelaskannya, para personel yang mengikuti tes urine ini diambil secara acak. "Jadi tidak ada alasan untuk menghindar dari pengecekan," kata lulusan Akmil 99 tersebut.



"Jika anggota sudah terlihat aneh-aneh dan ada gejala mengarah ke Narkoba, saya perintahkan Pasi Intel untuk segera memanggil dan mengecek urine sehingga akan ketahuan, maka harus diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dilingkungan TNI AD," tegasnya.



Namun hingga saat ini sambungnya, anggotanya belum ada yang menggunakan, apalagi sebagai pengedar karena mereka tahu sanksinya sangat berat hingga dikeluarkan dari kedinasan (PDTH).



"Semoga ini dijadikan sebagai rambu-rambu untuk tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan," pungkasnya.



Dari hasil pemerikasaan akhir, seluruh personel yang melaksanakan tes urine dinyatakan tidak menggunakan Narkoba.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.