Dukung IKM, Pemkab Bima Salurkan Bantuan Peralatan Senilai Rp. 1,5 Milyar



Bima, Media NTB - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan kembali melakukan penyerahan bantuan mesin peralatan dan bahan bagi kelompok industri kecil dan menengah (IKM) yang tersebar di sejumlah Kecamatan. Bantuan tersebut diserahkan Kamis (8/11) di halaman Kantor Bupati Bima Godo Kecamatan Woha.



Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima Drs. H. Arifudin HMY dalam laporannya kepada Bupati memaparkan bahwa bantuan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Bima senilai Rp. 1,5 Milyar lebih".



Jumlah ini mengalami peningkatan 24% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya membantu dan memberdayakan kelompok IKM di kabupaten Bima". Ungkap mantan Inspektur Kabupaten Bima ini.



Berdasarkan laporan tersebut, tahun ini sebanyak 314 kelompok penerima yang tersebar pada 18 Kecamatan mendapatkan beragam peralatan, baik mesin perbengkelan, mesin las, mesin dan peralatan mebel, peralatan konveksi, mesin peralatan pembuatan makanan, peralatan pangkas rambut, serta peralatan tenun dan benang.



Dikatakan Arifudin, dalam 3 tahun terakhir sejak tahun 2016, telah diberikan bantuan kepada 325 UKM dengan anggaran Rp 1,02 miliar . Selanjutnya pada tahun 2017 diberikan bantuan peralatan kepada 296 UKM dengan nilai Rp. 1,2 milyar, dan pada tahun 2018 telah disalurkan kepada 314 UKM senilai Rp 1,53 milyar.



Dengan demikian, kata Arifudin, dalam kurun waktu tiga tahun berturut- turut, instansi yang dipimpinnya telah menyalurkan bantuan hibah pada total 935 UKM senilai Rp.3,8 lebih milyar.



Dikatakan Kadis Perindag, IKM di Kabupaten Bima mempunyai kedudukan yang strategis dalam perekonomian daerah. Karena, dengan jumlah unit usaha yang besar tentu saja menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak dan mempunyai produk yang beragam.



"Jika IKM berhasil dikembangkan, maka pada gilirannya akan mampu mewujudkan ekonomi daerah yang tangguh dan memberikan kontribusinya terhadap PDRB Kabupaten Bima". Tandasnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.