Header Ads

Pencanangan Kampung KB di Kelurahan Nitu



Bima, Media NTB - Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, mencanangkan Kampung Keluarga Berencana di Kelurahan Nitu pada Rabu, 31 Oktober 2018.



Pencanangan dilakukan di RT 01 RW 01 ditandai dengan pelepasan balon bersama ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi didampingi pejabat lainnya.



Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan Polres Bima Kota dan Kodim 1608/Bima, Ketua Dharma Wanita Kota Bima, Ketua Persit Candra Kirana, Ketua IWAPI Kota Bima, perwakilan Bhayangkari, perwakilan instansi terkait, Camat Raba, unsur organisasi wanita, penyuluh dan penggerak keluarga berencana serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.



Kelurahan Nitu Kecamatan Raba merupakan lokasi kelima yang dicanangkan menjadi Kampung KB di Kota Bima pada tahun 2018. Berdasarkan profil kelurahan yang disampaikan Lurah Nitu, jumlah penduduk kawasanKampung KB  tersebut sebanyak 1.341 jiwa yang terdiri atas 680 jiwa laki-laki dan 661 jiwa perempuan.



Kepala DPPKB Kota Bima Drs. Suriadi, M.Pd, melaporkan bahwa pencanangan Kampung KB dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi keluarga, masyarakat, pemerintah, lembaga non pemerintah, serta swasta dalam melaksanakan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah.



Sasarannya meliputi keluarga, pasangan usia subur, balita, remaja, lansia, masyarakat, serta organisasi kemasyarakatan seperti BKM, karang taruna dan lain-lain.



Ketua TP PKK Kota Bima mengajak para kader PKK untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keterampilan di masyarakat, khususnya terhadap ibu-ibu di Kelurahan. “Kader-kader PKK yang tersebar hingga ke level dasa wisma akan mampu memonitor ibu-ibu di sekitarnya yang sedang hamil atau usai melahirkan”, katanya.



Diharapkannya, para kader PKK dapat bekerjasama dengan Petugas Lapangan KB (PLKB) agar bisa melakukan upaya yang sinergis mensukseskan program KB.



Sementara itu, Sekda Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada BKKBN Provinsi NTB yang terus hadir mendampingi jajaran DPPKB  Kota Bima. Ia juga mengapresiasi TP PKK Kota Bima serta organisasi wanita yang berkomitmen secara tegas untuk menggerakkan para kader PKK dalam upaya peningkatan pemberdayaan keluarga dan masyarakat.



“Kesuksesan program ini tergantung sungguh pada kerjasama berbagai elemen yang terlibat, mulai dari pemerintah, lembaga non pemerintah maupum swasta”, kata Sekda.



Menutup sambutannya, Sekda mengajak semua pihak untuk memperkuat kebersamaan dalam upaya mewujudkan berbagai program sesuai visi dan misi pembangunan Kota Bima Tahun 2018 – 2023.



Pada kegiatan tersebut dilakukan juga pengukuhan pengurus Pokjanal Kampung KB tingkat Kelurahan Nitu Kecamatan Raba oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima, serta pemberian bantuan Al-Quran dari Bagian Kesra Setda Kota Bima dan hasil layanan KTP dan KK gratis oleh Dinas Dukcapil Kota Bima yang diserahkan oleh Sekda.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.