Header Ads

Dandim 1608 Bima: Stop Penebangan Hutan Secara Liar dan Mari Menjaga Keamanan Lingkungan



Bima, Media NTB - Dandim 1608 Bima menggelar Konferensi Pers Kamis, (13/12/2018) di Mako Kodim Setempat.



Hadir Juga dalam Konferensi Pers tersebut Kepala KPH Saifullah dan Kepala Kepengawasan dan Perlindungan Hutan Supriadin SH.



Salah satu langkah yang diambil Oleh Kodim 1608 Bima adalah melakukan tahap sosialisasi kepada seluruh Elemen mulai dari Pemerintah hingga masyarakat agar bisa bekerja sama dalam menjaga dan melindungi Hutan di wilayah Bima.



Dandim 1608 Bima Lektof Bambang Kurnia Eka Putra mengatan "Kawasan Hutan di wilayah bima harus kita jaga, saya meminta bantuan seluruh elemen untuk bisa bekerja sama membantu program pemerintah". Ungkapnya.



"Dinilai ada beberapa Faktor akibat adanya penebangan hutan secara liar bisa menimbulkan kekeringan dan beberapa ilustrasi kejadian lainnya seperti banjir, tanah Longsor, hal demikian harus kita waspadai". Terangnya.



"Selain itu kasus penebangan Hutan secara liar terus di lakakan oleh beberapa oknum diwilayah Bima secara Illegal, dan selanjutnya kami dari Kodim 1608 Bima Bersama Polres dan KPH akan memperketat kepengawasan terkait keamanan hutan di seluruh daerah ini".



"Dengan demikian Partisipasi masyarakat sangat kami perlukan, kerjasama yang baik dari kepolisian, media, adalah salah satu konstribusi nyata untuk meningkatkan penghijauan hutan dan Keselamatan Lingkungan Lebih lebih Untuk membantu mensukseskan program pemerintah Kota dan Kabupaten Bima". Imbuhya.



Sedangkan itu Kepala KPH Syaifullah mengakui dirinya mengapresiasi kerja Kodim 1608 bima dalam menjada pengamanan Melestarian Hutan di wilayah Bima.



Syaifullah mengatakan "Kasus Lapangan sudah banyak yang kami proses diwilayah Bima ini tentang adanya penebangan Kayu hutan secara Illegal, seperti pelaku penebangan kayu sonokli tampa ada Perijinan dan kekuatan secara dokumen, jikalaupun ditemukan masalah selanjutnya kami Tak segan segan untuk mempercepat tingkat kordinasi bersama Polisi dan Kodim untuk penangkapan terhadap pelaku" tegasnya.



Lebih Lanjut syaifulah membongkar "Penebangan Kayu hutan di bima oleh beberapa pelaku sebelumnya yang pernah ditangkkap bukan hanya terjadi pada siang hari, akan tetapi aksi penebangan tersebut juga dilakukan pada malam hari, sungguh luar biasa". Ugkapnya dengan nada santai.



Kepala Kepengawasan dan perlindungan hutan Supriadin SH, mengatakan "ada kejadian di wilayah KPH Kabupaten Bima bahwa kondisi hutan kita sedang dalam keadan bermasalah



Ia mengatakan seluruh wilayah KPH di kabupaten bima dihadapkan dengan gangguan gangguan serta berfariasi memicu tingkat Ekonomi Masyarakat.



"Kondisi hutan kita harus diawasi dan memberikan kesadaran kepada seluruh Masyarakat dan elemen lainnya seperti KPH, Bupati serta Camat untuk tetap menjalin kordinasi pengamanan terhadap kawasan Hutan yang berada dalam garis Kawasan Hutan yang harus dilindungi" Jelasnya.



"Fakta Lapangan hari ini di kecamatan Parado Kabupaten Bima dalam keadaan kering dan kondisi ini disebabkan karena penebangan Hutan secara liar, ini yang harus kita pikirkan secara bersama".



Kami mengharakan ada Kerja sama dan kesadaran seluruh elemen untuk tetap menjaga kelestarian Kawasan hutan ini". Tutupnya.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.