Header Ads

ITDC Perkuat Kerjasama Bangun Pariwisata NTB



Mataram, Media NTB - Untuk mendukung pengembangan sektor kepariwisataan,  Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah bersama Dirut PT ITDC Abdulbar Mansjur menandatangani MoU pendidikan vokasi untuk kawasan KEK Mandalika, Kamis (29/11/2018) di Hotel Aryaduta Jakarta.



Penandatanganan MoU ini disaksikan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri sekaligus menginisiasi adanya kerjasama pendidikan vokasi untuk mendukung pengembangan sektor kepariwisataan, dengan melibatkan pihak PHRI dan ASITA NTB.



Kegiatan ini laksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan Rapat  Koordinasi gabungan pendidikan vokasi untuk kawasan Danau Toba, Candi Borobudur dan KEK Mandalika. Kerjasama pendidikan vokasi ini untuk mendukung pengembangan sektor kepariwisataan di 3 Destinasi utama tersebut.



Rapat Gabungan ini dibuka secara resmi oleh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Bapak Drs. Eko Subowo SH, MH yang dihadiri oleh Gubernur NTB, Direktur Utama ITDC, Pengurus ASITA, Pengurus PHRI, para pejabat dari Provinsi Sumatera Utara, Pejabat dari Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten/Kota dan pengelola kawasan pariwisata Danau Toba, Borobudur dan KEK Mandalika.



“Kesepakatan bersama pendidikan vokasi kepariwisataan ini merupakan langkah maju untuk menyiapkan SDM yang berkualitas melalui pendidikan vokasi sesuai dengan tuntutan dunia usaha,” jelas  Eko Subowo.



Melalui kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan kompetensi lulusan SMK menjadi tenaga siap pakai yang dapat mendukung pengembangan industri pariwisata atau industri terkait lainnya di KEK Mandalika, danau toba dan candi borobudur.



Pendidikan vokasi ini merupakan program prioritas nasional tahun 2018 melalui dekonsentrasi Ditjen BAK Kemendagri dengan menginisiasi kesepakatan kerjasama pemerintah daerah dengan dunia usaha dalam bidang pengembangan pendidikan vokasi.



Diantaranya identifikasi potensi kerja sama di 3 kawasan dengan pemerintah daerah dan pendidikan vokasi, sinkronisasi potensi kerja sama di 3 kawasan tsb, koordinasi sektor terkait dan daerah dan terakhir kesepakatan bersama pemerintah daerah dan dunia usaha.



Gubernur NTB menyambut baik inisiatif Kemendagri dan jajaran pelaku usaha seperti PT ITDC, PHRI maupun ASITA yg berupaya mensinegikan dunia pendidikan dengan dunia usaha. Gubernur juga  memberikan apresiasi kepada  PT ITDC yg dinilainya terus menunjukkan sinergi yg kian positip dalam pembangunan di NTB.



“Sumbangsih ITDC dalam mendukung pengembangan sector pariwisata di NTB khususnya Lombok cukup maksimal selama ini, kerjasama dan dukungan ini tentunya perlu dipertahankan dan ditingkatkan,” ungkap Doktor Zul.



Direktur Utama PT ITDC berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan Pemprop NTB dan Pemkab Loteng selama ini sehingga pembangunan kawasan bisa berjalan sebagaimana direncanakan.



Dirut PT ITDC secara khusus juga menyampaikan dukungan terhadap berbagai program pembangunan dI NTB termasuk mendukung komitmen Gubernur untuk ngirim 1000 putra putri NTB melanjukan studi pasca sarjana ke luar negeri.



“Insyaallah PT ITDC siap berkontribusi  mendukung pengiriman putra putri NTB studi pasca sarjana ke luar negeri,”kata Abdulbar penuh semangat.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.