Pimpinan OPD Kabupaten Bima Dibekali Bimtek Pengelolaan Informasi



Bima, Media NTB - Bimbingan Teknis Tata Kelola Teknologi Informasi dan Media Sosial dengan Tema "Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Informasi Publik Berbasis Teknologi Informasi Menuju Bima RAMAH" berlangsung Selasa (4/12) di ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima, Godo -Kecamatan Woha. Bimbingan teknis tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.



Para peserta mendapatkan materi tata kelola informasi berbasis elektronik dan media sosial dari Fairuz Abadi (Diskominfotik Provinsi NTB), H. Abdul Wahab Usman, SH, M.Si (Kadis Kominfostik Kabupaten Bima) memaparkan Kebijakan Tata kelola Informasi Publik, Teknik Menulis di Media Sosial dan Media Online oleh Hadi Santoso ST, MM (Wirausaha).



Topik lainnya adalah Pengelolaan Website, email dan Pengenalan Aplikasi Kominfo oleh Anwar ST, MT dan Pengelolaan Aplikasi Administrasi Maya atau SiMAYA oleh Muhammad Irfan, ST, M.Eng.



Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE di hadapan para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD dan Kabag lingkup Sekretariat Daerah yang menjadi peserta Bimtek mengatakan banyak tugas kedinasan yang menjadi terhambat akibat sulitnya berkoordinasi akibat tidak memanfaatkan secara optimal teknologi informasi dan media sosial.



Oleh karena itu, kata Bupati, "Bimbingan teknis ini harus bisa membawa perubahan dalam keterampilan dalam melakukan koordinasi dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi yang ada". Harap Bupati.



Menutup arahannya Bupati kembali menghimbau kepada jajaran pemerintah daerah untuk bijak menggunakan media sosial. "Silakan gunakan media sosial tetapi konten yang ditampilkan harus bijak dan mencerminkan citra ASN". Himbau Bupati.



Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan statistik Kabupaten Bima H.Abdul Wahab, SH, M.Si mengatakan, Bimtek ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pejabat dalam mengelola tugas-tugas khususnya di bidang teknologi informasi.



Ditambahkan Wahab, "Ke depan kita tidak lagi menerapkan surat-menyurat manual, tapi harus menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi ". Terang Wahab.



Sesi selanjutnya peserta mendengarkan materi berkaitan dengan tata kelola informasi dan aplikasi berbasis android serta pemanfaatan media sosial.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.