Jelang Pelaksanaan KKN Mahasiswa Unram, Kasrem 162/WB berikan Wasbang



Mataram, Media NTB - Kepala Staf Korem 162/Wira Bhakti, Letkol Inf Endarwan Yansori berikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan kepada para Mahasiswa pada kegiatan Pembekalan KKN Pemberdayaan Bidang Kebencanaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat di Gedung Auditorium Universitas Mataram (Jum'at, 21/10/2018).



Kegiatan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan tersebut diikuti oleh 2.750 orang Mahasiswa Universitas Mataram, yang akan melaksanakan KKN mulai pada pertengahan Januari tahun 2019 yang akan datang. Mereka akan disebar diseluruh wilayah Pulau Lombok, khususnya di daerah daerah yang tekena dampak Bencana Alam Gempa Bumi beberapa bulan yang lalu.



Dalam kesempatan tersebut, Kasrem 162/Wira Bhakti mengajak para Mahasiswa agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan. Karena yang memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia bukan hanya TNI, tetapi seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.



Negara kita yang besar dan beraneka ragam, negara kita yang kaya akan segala sumber daya alam, harus kita jaga dan kita pelihara bersama sama, tegas Yansori.



Lebih lanjut, mantan Dandim 1604/Kupang tersebut juga menghimbau kepada seluruh Mahasiswa agar memegang teguh Ideologi Pancasila sebagai Ideologi pemersatu bangsa, Mengamalkan UUD 1945 secara murni dan konsekuen, Mengimplementasikan Bhinneka Tungga Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta ikut serta dengan segala daya dan upaya untuk menjaga dan mempertahankan NKRI walaupun melalui profesi yang berbeda beda.



Mengakhiri ceramah Yansori berpesan, agar para Mahasiswa tampil terdepan sebagai agen perubahan demi kemajuan bangsa dan negara karena nantinya akan berperan penting dalam sejarah Bangsa Indonesia saat memegang tongkat estapet kepemimpinan dan pengelolaan negara dimasa yang akan datang.



Para Mahasiswa sebagai generasi penerus harus memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki kepribadian yang baik, cinta dan setia kepada bangsa dan negaranya serta memiliki karakter yang kuat dalam menjaga nilai nilai budaya bangsa Indonesia.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.