Header Ads

Meriah Peringatan Hari Ibu Ke-90 dan HUT DWP Ke-19 Tingkat Kota Bima



Bima, Media NTB - Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-90 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ke-19 sekaligus dirangkaikan dengan Pengukuhan Bunda PAUD Kota Bima Tahun 2018 berlangsung meriah, di Paruga Nae Convention Hall, Sabtu, 22 Desember 2018.



Upacara Peringatan Hari Ibu dipimpin langsung oleh Ketua PKK Kota Bima sekaligus Pembina DWP Kota Bima Hj. Ellya H. M. Lutfi. Kegiatan ini mengangkat tema "Bersama Meningkatkan Peran Serta Masyarakat, Pemerintah, Perempuan, dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga, untuk Kesejahteraan Bangsa".



Hadir pada kegiatan tersebut Walikota Bima, Wakil Walikota Bima, Ketua DPRD Kota Bima, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda Kota Bima, para Asisten Setda Kota Bima, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, serta seluruh Pimpinan Organisasi Wanita Se-Kota Bima beserta anggotanya.



Ketua Panitia Ny. Yuliana Samsurih melaporkan bahwa Peringatan Hari Ibu setiap tahun diselenggarakan untuk mengingatkan semua agar mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut dari kemerdekaan.



Selain itu, untuk mempertebal semangat semua komponen bangsa mencapai kemajuan di berbagai bidang pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.



Ketua GOW Kota Bima Ny. Jumriyah Feri Sofiyan membacakan sejarah singkat Hari Ibu bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hari Nasional dan bukan hari libur. Selain itu, Ia menekankan semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia sebagaimana tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya yang menggambarkan kasih sayang kodrati antara ibu dan anak, kekuatan kesucian antara ibu dan pengorbanan anak, dan kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.



Mewakili Ketua Umum DWP Pusat Wien Ritola Tasmaya, Ketua DWP Kota Bima Hj. Salmah H. Muhtar, dalam sambutannya menyampaikan sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang menghimpun dan membina isteri Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), Dharma Wanita Persatuan wajib bersyukur dan patut berbangga bahwa pada usia ke-19 tahun ini, telah menjadi sebuah Organisasi Perempuan yang besar, yang telah diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan program kerja organisasi secara terstuktur, sehingga mencapai kinerja seperti saat ini.



Namun demikian, diakuinya bahwa perkembangan organisasi DWP belum sesuai dengan yang diharapkan dan masih banyak hal-hal yang harus ditingkatkan terus untuk mencapai terwujudnya tujuan organisasi Dharma Wanita Persatuan sebagai Center of Excellence.



Peringatan HUT DWP ke-19 ini mengangkat tema “Optimalisasi Potensi DWP untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”. Dalam melaksanakan tahapan Optimalisasi Program Kerja DWP, selain melaksanakan program-program prioritas hasil Rakernas DWP 2017, Dharma Wanita Persatuan juga meningkatkan dan memperkuat Program Kemitraan dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan/Bapenas dengan mengambil Peran Strategis untuk mendukung Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goal’s (SDG’s).



Lebih lanjut, Ketua DWP menjelaskan bahwa Dharma Wanita Persatuan telah menyinergikan program kerja DWP dengan Program Sustainable Development Goal’s (SDG’s).



"Program Kerja DWP yang telah tertuang dalam Renstra DWP 2015 - 2019 mengacu kepada RPJMN 2015-2019 dan sudah sejalan dengan Program SDG’s, yang merupakan pedoman program pembangunan berkelanjutan dengan tujuan dan target yang terukur untuk mencapai kesejahteraan manusia. Dalam bidang kesehatan, optimalisasi Program Prioritas Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diwujudkan dengan pelaksanaan program percepatan eliminasi tuberculosis (TBC) serta program pencegahan dan penanggulangan stunting", jelas Hj.Salmah.



Ia yakin dan optimis, dengan usia yang bertambah, Dharma Wanita Persatuan dapat membangun organisasi yang lebih modern dan profesional disertai program-progam pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, akan menjadikan Anggota DWP mampu bersaing secara terbuka dan mampu berkiprah secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan serta pandangan terhadap pembangunan Nasional Indonesia, negara yang kita cintai.


Pada acara ini juga dilakukan penyerahan rombong dari dana CSR Bank NTB Syariah kepada Pemerintah Kota Bima, penyerahan tali asih dari DWP Kota Bima bekerjasama dengan Bazda Kota Bima kepada anggota DWP OPD golongan I dan II, serta penyerahan hadiah kepada pemenang I, II, dan III lomba volly ball DWP Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.