Header Ads

Sosialisasi Capaian Sektor ESDM Wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu Digelar di kota Bima



Bima, Media NTB - Kamis, 27 Desember 2018, bertempat di Gedung Seni Budaya Kota Bima, digelar Sosialisasi Capaian Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Acara dibuka oleh Sekretaris Jendral Dewan Energi Nasional (DEN) Saleh Abdurrahman. Hadir pula oleh Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, dan beberapa kepala OPD terkait.



Peserta sosialisasi sebanyak 150 orang yang terdiri dari 50 peserta dari Kota Bima, 50 peserta dari Kabupaten Bima dan 50 peserta dari Kabupaten Dompu. Peserta meliputi berbagai unsur yakni dari pemerintah daerah dan perguruan tinggi.



Sosialisasi sektor ESDM mencakup capaian pembangunan nasional pada sub sektor mineral dan batubara, peningkatan rasio elektrifikasi dan pemanfaatan energi baru terbarukan, serta kontribusi minyak dan gas bumi dalam pemenuhan kebutuhan energi nasional.



Sekretaris Daerah Kota Bima mewakili Walikota menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim dari Dewan Energi Nasional dan Kementerian ESDM Republik Indonesia serta ucapan terima kasih atas dipilihnya Kota Bima sebagai tuan rumah penyelenggaraan sosialisasi capaian sektor energi dan sumber daya mineral untuk wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.



Dijelaskannya bahwa energi merupakan kebutuhan dasar manusia dalam memenuhi kehidupan sehari-hari. Dalam konteks negara, energi memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan. Oleh karenanya, mengingat sektor energi merupakan kebutuhan dasar, maka ketersediaan energi merupakan salah satu aspek pendukung daya saing suatu wilayah.



"Kita berterima kasih atas penyelenggaraan sosialisasi ini, karena diharapkan dapat meningkatkan komunikasi mengenai sektor ESDM. Pertemuan ini juga bisa menjadi wadah untuk menampung berbagai aspirasi dari Pemerintah Daerah maupun akademisi, untuk didiskusikan dan disampaikan kepada Kementerian ESDM di Jakarta", ujar Sekda.



Sekjen DEN dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya ketahanan energi didasarkan pada empat faktor yaitu ketersediaan energi, aksesibiltas energi, keterjangkauan energi dan akseptabilitas energi.



Sementara tantangan sektor ESDM antara lain sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan, teknologi yang dekat dengan masyarakat dan bagaimana meningkatkan investasi terhadap sektor ESDM.



“Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi mengenai sektor ESDM dan InsyaAllah hasil dari diskusi ini akan kami sampaikan ke pimpinan di Jakarta”, tutup Sekjen DEN.



Usai acara pembukaan dilakukan penyerahan Plakat dari Sekjen DEN kepada Sekretaris Daerah Kota Bima. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan pertama dari Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Setjen DEN Ediar Usman mengenai Peran ESDM dalam Pembangunan Nasional pada Sub Sektor Mineral dan Batubara serta Kontribusi Minyak dan Gas Bumi dalam Pemenuhan Energi Nasional.


Pemaparan kedua disampaikan oleh kepala Bagian Fasilitasi Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan Energi Setjen DEN Bambang Priyambodo mengenai Peningkatan Rasio Elektrifikasi dan Pemanfaatan EBT.



Selanjutnya pemaparan terakhir disampaikan oleh Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Nusa Tenggara Barat Yuliardi Ismana.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.