Header Ads

Asisten II Setda Buka Rapat KP3 Tingkat Kota Bima



Bima, Media NTB - Asisten II Setda Kota Bima Drs. H. Alwi Yasin, M.AP, secara resmi membuka Rapat Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Tingkat Kota Bima Tahun 2019, yang diselenggarakan pada Jumat, 15 Februari 2019, bertempat di aula Dinas Pertanian Kota Bima.



Selain unsur perangkat daerah Pemerintah Kota Bima, hadir Pasiter TNI Kodim 1608/Bima Kapt Inf Nasirudin yang turut menyampaikan paparan terkait peran TNI dalam pembangunan pertanian di Kota Bima.



Selain itu, hadir perwakilan Polres Bima Kota yakni Korbin Sat Intelkam Ipda Suratno yang menyampaikan teknis pengawasan penyaluran pupuk dan pestisida.



Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) memiliki fungsi sangat strategis bagi petani khususnya dalam mengawasi penyaluran pupuk kepada petani.



Asisten II Setda menjelaskan, keberadaan KP3 telah tercatat dari tingkat Nasional, Provinsi hingga ke Kabupaten/Kota, sebagai kelembagaan ad hock yang memiliki tugas untuk melakukan pengawasan, pemantauan dan evaluasi terhadap pengadaan, penyaluran sekaligus memantau harga eceran tertinggi dari pupuk bersubsidi.



Selain melakukan pengawasan, KP3 juga memiliki fungsi yang strategis bagi petani dalam memperoleh pupuk yang dibutuhkan ketika musim tanam berlangsung.



“Demi optimalnya pelaksanaan tugas pengawasan, termasuk pemantauan kelangkaan pupuk dan harga eceran tertinggi (HET) ditingkat petani, harus dibangun net-working thinking yang utuh diantara para pihak yang terlibat dalam urusan pengawasan pupuk bersubsidi dan pestisida”, pesan Asisten II Setda. KP3 diharapkan dapat tampil dan berkiprah secara lebih nyata di lapangan.



KP3 harus mampu menampilkan diri sebagai kelembagaan ad hock yang benar-benar berpijak pada kepentingan para petani, bukan kepanjangan tangan dari pabrikan atau produsen pupuk.



KP3 tidak juga dibentuk hanya untuk memuluskan para distributor dalam menyelenggaran usaha bisnisnya. Tapi, sesuai dengan amanah yang diembannya, KP3 mesti mampu menjadi “dewa penolong” kaum tani dalam mengamankan pupuk bersubsidi yang sangat dibutuhkan oleh para petani di daerah ini.



“Saya berharap agar kiranya rapat ini dapat menjadi titik awal agar secara berkesinambungan KP3 Kota Bima dapat meningkatkan kiprahnya, saling bersinergi dan bekerjasama mengamankan ketersediaan pupuk dan pestisida bersubsidi bagi para petani”, pungkas Asisten II Setda.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.