Sambut Harganas, DPPKB Kota Bima Gelar Perlombaan



Bima, Media NTB - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Keluarga Nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Juni, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima menggelar berbagai perlombaan, yakni lomba pidato kependudukan, lomba Penyuluh Keluarga Berencana (PKB/PLKB), lomba Institusi Masyarakat Perkotaan (IMP), dan lomba kelompok Bina Keluarga Balita (BKB).



Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Kesejahteraan Sosial Drs. H. M. Farid, M.Si, di kantor DPPKB Kota Bima pada Selasa, 19 Maret 2019. Hadir Ketua GOW Kota Bima Ny. Jumriah Feri Sofiyan, Ketua DWP Kota Bima Ny. Hj. Salmah Mukhtar, para perwakilan perangkat daerah terkait, para guru serta peserta lomba.



Kepala DPPKB Kota Bima Drs. H. Suriadi, M.Pd, menjelaskan, kegiatan semacam ini penting dan strategis sebagai kesempatan bersilaturahim dan berkomunikasi serta bertukar informasi dan pengalaman tentang program pembangunan nasional bidang kependudukan.



Kegiatan lomba pidato bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi remaja terhadap pendidikan kependudukan.



Materi pidato mencakup: (1) pengembangan pemahaman dan pengetahuan generasi muda bidang kependudukan; (2) peran remaja dalam mengikuti Indeks Perkembangan Manusia (IMP) Indonesia menuju era bonus demograsi; serta (3) pemenuhan kesehatan produksi remaja kaitannya dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.



Sementara tujuan lomba PLKB/PKB dan IMP yakni (1) meningkatkan semangat, motivasi, penghargaan dan komitmen para pengelola/pelaksana dalam pengelolaan program kependudukan dan KB di lini lapangan; serta (2) terbinanya PLKB/PKB dan IMP dalam pelaksanaan tugas-tugasnya.



Sementara BKB merupakan salah satu upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.



Peserta lomba pidato kependudukan adalah siswa SMK, SMA, MAN se-Kota Bima, sedangkan lomba PLKB/PKB dan BKB berasal dari perwakilan 5 Kecamatan se-Kota Bima.



Tim penilai terdiri atas Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima, Ketua IBI Kota Bima, Dinas Kesehatan Kota Bima, Dinas Dikbud Kota Bima serta instansi terkait.



Asisten I dalam sambutannya menyebutkan, permasalahan kependudukan saat ini tidak hanya berkaitan dengan indikator-indikator umum pertumbuhan kependudukan semata-mata, seperti pengendalian jumlah penduduk, penurunan angka fertilitas, penurunan kematian bayi dan anak serta masalah migrasi penduduk.



Namun, telah bergeser kepada isu-isu kependudukan yang lebih luas, seperti lingkungan hidup, pengangguran, kemiskinan, kesetaraan gender serta kualitas pendidikan dan kesehatan serta ketertiban dan keamanan.



“Kompleksnya permasalahan kependudukan jelas menuntut kerjasama semua pihak. Saya berterimakasih karena jajaran DPPKB bersama elemen akademisi, Dinas Kesehatan, Organisasi Wanita dan para penyuluh bisa berkoordinasi dengan baik sehingga program PP-KB di Kota Bima bisa berjalan sukses”, kata Asisten.


Ia berharap kegiatan lomba ini semakin menggugah semangat kita semua untuk menyukseskan program PP-KB di Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.