Header Ads

Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kab. Bima Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI



Bima, Media NTB - Dalam rangka memeriahkan HUT Ke – 39 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan 3 (tiga) tahun Kepemimpinan Bupati Bima dan Wakil Bupati Bima tahun 2019 serta untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima menggelar kegiatan tersebut pada hari Rabu (27/3) di aula SMKN 3 Kota Bima. Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, para guru pendamping siswa / siswi SD / MI yang mengikuti lomba serta para tim juri lomba yang terdiri dari, DR. Hermawan selaku juri nasional dari Provinsi NTB yang juga sebagai pendongeng, bapak Ruslan, S.Sos yang dikenal dengan nama Alan Malinggi serta bapak Abdul Haris.




Kabid Pembinaan dan Promosi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima Arsyad, S.Pd, M.Pd dalam pengantar, kegiatan ini dalam rangka mendukung Peraturan Bupati Nomor 11 tahun 2019 tentang Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Literasi. Dengan disahkanya perbup ini kami mendukung kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Bima dalam rangka melahirkan generasi baru yang cerdas, inovatif dan mandri serta berwawasan luas. Hal ini dikarenakan gerakan literasi menjadi sarana advokasi dan edukasi dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, sehingga hal tersebut dapat berkorelasi terhadap peningkatan kesejahteraan yang cerdas, inovatif, berpengetahuan sehingga menjadi basis material mewujudkan cita-cita tersebut.




Oleh karena itu, dalam mendukung Perbup ini kami dari Dinas Perpustakaan daerah dan Arsip menggelar kegiatan lomba bercerita sehingga dari lomba ini kedepannya para generasi muda kita terutama siswa – siswi SD maupun MI dapat meningkatkan minat budaya membaca di kalangan siswa / siswi tersebut.




Selain menggelar lomba bercerita , kami juga menggelar lomba membaca cepat jenjang SD / MI, lomba mewarnai gambar jenjang TK / RA, lomba bahasa daerah, jenjang SMA/ SMK/ MA serta lomba menulis puisi jenjang SMA/ SMK/ MA dimana masing - masing peserta lomba diwakili 3 orang siswa / siswi.




Para siswa / siswi yang mengikuti lomba ini merupakan perwakilan dari sekolahnya masing – masing, dimaka para siswa / siswi ini terlebih dahulu mengikuti lomba yang digelar di wilayah kecamatan sehingga pada lomba tingkat Kabupaten yang digelar ini merupakan para juara – juara sehingga mereka ini dipertemukan dalam mengikuti lomba tingkat Kabupaten Bima ini.




Direncanakan kegiatan ini dilangsungkan selama 3 (hari) mulai dari tanggal 26 s/d 28 Maret 2019.




Menurut Bupati Bima yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima Dra. Hj. Ratna Rauf dalam arahan mengatakan bahwa Kabupaten Bima memiliki banyak cerita, legenda, mitos, dongeng, dan sejarah yang masih belum didokumentasikan dengan baik untuk menambah koleksi perpustakaan. Mulai saat ini kita harus bersatu padu untuk menggali dan melestarikan cerita yang ada untuk kita wariskan dari generasi ke generasi.




Pelaksanaan lomba ini diharapkan akan dapat mendorong kebiasaan gemar membaca dan mencintai perpustakaan sebagai jendela ilmu pengetahuan yang mengantar kita menuju masa depan yang cerah. Keberhasilan gerakan membaca, tentu saja akan dapat dicapai dengan melibatkan peran serta semua komponen di daerah ini, baik para guru, orang tua, keluarga maupun pengelola perpustakaan.




Membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan baik bersifat formal maupun non formal yang harus tetap dijaga dan ditingkatkan esensinya melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan membaca. Lomba bercerita bagi siswa SD/MI yang dilaksanakan dengan mengambil materi dari cerita rakyat daerah ini dengan sendirinya telah menanamkan kebiasaan untuk mengenal keanekaragaman khasanah budaya lokal.




Kepada anak-anaku sekalian yang merupakan duta dari sekolah SD se-kabupaten Bima saya mengucapkan Selamat Berlomba, manfaatkan kesempatan hari ini untuk menunjukkan kepada guru, orang tua, dan rekan-rekan kalian sendiri akan potensi terbaik yang dimiliki agar dapat meraih prestasi terbaik dan mewakili kabupaten Bima pada lomba yang sama di tingkat provinsi NTB bahkan di tingkat nasional.




Saya mengajak kita sekalian untuk secara bersama-sama mendorong upaya untuk mewujudkan anak didik di semua jenjang pendidikan yang mempunyai kegemaran membaca dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya perpustakaan yang ada, seperti rumah baca, perpustakaan sekolah dan perpustakaan daerah serta wahana lainnya sebagai ruang dimana anak didik kita sedini mungkin dapat menggali ilmu pengetahuan sebagai modal mereka dalam menghadapi hari ini dan esok.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.