Ini Yang Dilakukan Satgas TMMD Kepada Siswa MA Fadilatul Islamiyah



Dompu, Media NTB - Disela-sela kesibukan melaksanakan program fisik TMMD ke 104 tahun 2019, Satgas TMMD Kodim 1614/Dompu juga berupaya meluangkan waktu melakukan kegiatan program non fisik seperti yang dilakukan di MA Fadilatul Islamiyah di Dusun Sorirae Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Jumat (1/3).



Komandan SSK Satgas TMMD Kapten Inf Mujiono mengatakan ini merupakan program non fisik yang pertama dilaksanakan dari puluhan program non fisik yang akan dilaksanakan.



Dijelaskannya, ada beberapa hal yang disampaikan kepada adik-adik siswa-siswi khususnya kelas XII seperti memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bahaya Narkoba.



"Mereka dari sedini mungkin harus memiliki wawasan kebangsaan yang bagus mengingat negara kita terdiri dari berbagai macam suku, agama, budaya dan adat istiadat sehingga mereka memiliki rasa kebanggaan dan kecintaan kepada bangsa dan negara," tegasnya.



Sedangkan Narkoba, lanjut Dan SSK, sangat berbahaya dan memiliki dampak yang luar biasa bagi para pengguna terutama kesehatan mental dan fisik sehingga kejahatan Narkotika maupun obat-obat berbahaya ini masuk kedalam extra ordinary crime (kejahatan luar biasa).



"Anak-anak kita yang masih sekolah ini harus diberikan penyuluhan sehingga mereka bisa menghidari dan menjauhi Narkoba karena dampak dan sanksinya sangat jelas sudah diatur dalam UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," tutupnya.



Terpisah, Dandim 1614/Dompu Letkol Czi Arief Hediyanto S.IP., menyatakan selama pelaksanaan TMMD di Desa Lanci Jaya dan Desa Tekasire ada sebelas sasaran non fisik yang akan dilaksanakan diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan dan bahaya Narkoba.



"Dalam pelaksanaannya, akan melibatkan instansi terkait sesuai bidangnya, seperti penyuluhan pertanian dari Dinas Pertanian, penyuluhan kesehatan dari Dinas Kesehatan dan lainnya termasuk Kepolisian akan dilibatkan," ujar Arief.



Dandim berharap agar seluruh personel Satgas tetap semangat dan jaga kesehatan selama pelaksanaan TMMD sehingga semua program dapat berjalan aman, lancar dan tepat waktu.


Selain penyuluhan wawasan kebangsaan dan penyuluhan Narkoba, siswa-siswi MA Fadilatul Islamiyah juga diberikan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) untuk melatih fisik dan meningkatkan disiplin para siswa.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.