KEK Mandalika Akan di Bangun Rumah Sakit



Mataram, Media NTB - Untuk mendukung destinasi wisata di Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) Mandalika, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan membangun rumah sakit, selain sebagai penunjang gelaran MotoGP 2021 namun juga bagi masyarakat di area pariwisata tersebut.



Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A di hadapan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah saat Rapat Pimpinan di Ruang Rapat Utama, Selasa (19/03/2019).



"Kita akan bangun rumah sakit tipe B khusus untuk Trauma Center. Segala sesuatunya menyangkut trauma," kata dr. Nurhandini Eka Dewi.



Seluruh biaya yang dibutuhkan, dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI tahun 2020. Karena itu, sebelum tanggal 16 April 2019 mendatang, seluruh kajian, visibility study sudah harus masuk di Kememkes.



Untuk perencanaan Proyek Detail Engineering Design (DED) lanjutnya diserahkan ke Pemerintah Provinsi NTB. Sehingga tahun 2020 bangunan rumah sakit itu sudah jadi. Kemudian tahun 2021, seluruh fasilitas kesehatnya sudah tersedia dan langsung beroperasi.



"Kalau dana, kita tidak dibatasi berapa yang kita butuhkan. Namun kita saat sedang menghitung, termasuk untuk pembebasan lahan, " jelasnya.




"Perkembangan KEK Mandalika, akan terus dikembangkan dengan menjadi jenis rumah sakit yang dapat dimanfaatkan untuk semua kebutuhan kesehatan, Sehingga tidak hanya saat MotoGP, tetapi berkelanjutan untuk masyarakat," jelasnya. Sumber Humas NTB.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.