Header Ads

17 April Jangan Golput dan Jadilah Saksi untuk Keberlanjutan Kepemimpinan Nasional serta Kemajuan Indonesia



Penulis: Handoko Suparman (Blogger/Alumni Universitas Parahyangan, Bandung)


Golongan Putih atau Golput pada dasarnya adalah sebuah gerakan moral yang dicetuskan pada 3 Juni 1971 di Balai Budaya Jakarta, sebulan sebelum hari pemungutan suara pada pemilu pertama di era Orde Baru dilaksanakan.



Istilah “putih” dipakai karena gerakan ini menganjurkan agar mencoblos bagian putih di kertas atau surat suara di luar gambar parpol peserta Pemilu bagi yang datang ke bilik suara. Sedangkan tokoh yang terkenal memimpin gerakan ini adalah Arief Budiman.



Menjelang gelaran pemilu 2019 yang akan dihelat beberapa minggu lagi, negeri ini diresahkan dengan dua tajuk yang tidak mengenakkan, yakni berita bohong atau hoax dan gerakan untuk mengajak orang lain golput . Kondisi tersebut berbeda maksud dengan tujuan politik saat Pemilu 1971 seperti cerita diatas. Masalah hoax dan provokasi Golput saat ini pada Pemilu 2019 merupakan pola intimidasi dan strategi kelompok tertentu untuk memenangkan pilihannya dengan cara intimidasi dan menakuti pijak lainnya agar tidak bersni memilih bahkan terprovokasi berita bohong oleh hoax sehingga kandidat tertentu menjadi kurang pemilihnya.



Dua permasalahan tersebut sangat meresahkan sebab keduanya berpotensi merusak iklim pesta demokrasi yang seharusnya dilaksanakan dengan gembira dan demokratis tanpa intimidasi. Disisi lain yang harus diwaspadai adanya kelompok lain yang ikut menunggangi dan selalu ingin menjadikan bangsa Indonesia hancur krn punya keinginan bahwa Indonesia harus sesuai dengan paham nya harus kita hadapi dengan bersatu sebab Ketika iklim demokrasi telah rusak, niscaya Indonesia berada diambang kehancuran.



Atas dasar pertimbangan inilah kita harus bersama-sama dalam melawan oknum-oknum yang suka menyebar hoax dan mereka yang gencar mengajak orang lain untuk Golput, untuk itu mari kita lawan hoax dan jangan Golput dsn Jangan Takut Memilih sesuai pilihan akal cerdas kita serta hati nurani kita demi berlanjutnya Pembangunan Indonesia dan Kepemimpinan Nasional menuju Indonesia yang semakin Maju. Jika kita bersatu, kita pasti bisa.



Saat ini sudah banyak dari komunitas kaum milenial dan netizen yang sudah bersepakat dan mendeklarasikan melawan hoax dan menolak golput demi kemajuan bangsa. Maka harus kita dukung terus dan jangan takut memilih serta gunakan hak pilih dengan cerdas.



Ingat 17 April akan menjadi saksi untuk kita yang ingin melihat Indonesia Maju dalam segala bidang melalui suksesnya keberlanjutan pembangunan Indonesia dan Kepemimpinan Nasional.



Insyallah kita semua diberi keberkahan Aamin.....

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.