Header Ads

Sepanjang 2018, Ini Prestasi Pemkab. Bima



Bima, Media NTB - Selain capaian di bidang pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan, sepanjang tahun 2018, jajaran Pemerintah Kabupaten Bima di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri,SE dan Wakil Bupati H. Dahlan M. Noer juga telah menorehkan prestasi yang cukup membanggakan, baik di tingkat provinsi maupun nasional.


Hal tersebut dikemukakan Bupati Sabtu (30/3) saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2018 di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Bima.


Di hadapan undangan Rapat Paripurna ke-3 tersebut, Bupati mengatakan di bidang pengelolaan keuangan, sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Bima secara berturut-turut berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.


Demikian halnya dalam aspek Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, telah memperoleh predikat B dari Kementerian PAN & RB Republik Indonesia. Prestasi ini naik satu tingkat dibanding tahun 2017 dengan predikat CC. Terkait kualitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) juga mengalami peningkatan level maturitas (kematangan) SPIP dari level 2 menjadi level 3.


Pada bidang pelayanan kesehatan, Duta Kabupaten Bima dr. Rolanda Gistenang (Dokter Puskesmas Langgudu) berhasil meraih Juara I Dokter Teladan Tingkat Provinsi NTB dan Juara VII Tingkat Nasional. Masih dalam bidang kesehatan, Kabupaten Bima memperoleh piagam penghargaan dan ucapan terima kasih atas keberhasilan pembangunan 8 Puskesmas perbatasan dan daerah tertinggal sesuai prototype tahun 2018 dari kementerian Kesehatan RI.


Sejalan dengan prestasi Bidang Kesehatan, bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.


Terkait Inovasi Pelayanan Publik, Pemerintah Kabupaten Bima berhasil meraih 2 penghargaan yaitu Inovasi Sistim Aplikasi Pelayanan Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan yang Berbasis Android (SIMAWAR) dari DP3AP2KB dan Inovasi Sistem Evaluasi, Monitoring dan Pengendalian Pembangunan Daerah E-Monitor Control (MATAROA) dari Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, inovasi SIMAWAR telah menjadi duta Kabupaten Bima pada tingkat Nasional.


Demikian halnya Bidang Pertanian dan Hortikultura, Erwin dari Desa Nggembe Kecamatan Bolo berhasil menyabet Petani Teladan Tingkat Nasional.


Di bidang perencanaan pembangunan, pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Bima berhasil meraih penghargaan yang cukup membanggakan dalam hal pencapaian indikator strategis Pembangunan Daerah RPJMD Privinsi NTB 2013 – 2018 dengan meraih penghargaan sebagai Kabupaten paling progresif dalam mendorong pengembangan wisata budaya dan Geopark Tambora dari Gubernur NTB.


Penilaian ini mengandung makna bahwa pelaksanaan program baik bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan telah menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi yang berorientasi pada hasil, telah menunjukan peningkatan hasil yang baik". Kata Bupati.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.