Header Ads

Pemerintah Lakukan Seleksi Substansi Bakal Cakep



Bima, Media NTB - Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo, Lembaga Pengembangan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia lakukan seleksi substansi Bakal Calon Kepala Sekolah sebanyak 160 orang pada jenjang tingkat TK, SD dan SMP Se-kabupaten Bima. Kegiatan ini dilangsungkan di SMKN 2 Donggobolo Kec. Woha pada hari selasa (30/4). Kegiatan tersebut selain dihadiri para peserta test jjga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Bima, Jajaran Dikbudpora Kabupaten Bima, Widyaswara dari LPPKS Solo Joko Riyadi, M. Pd, dan kasi fasilitasi Peningkatan mutu pendidikan LPMP NTB Dra. Hj. Sudiati Prihatin Ningrum.



Sekda mengatakan bahwa keberadaan suatu pendidikan dirasa sangat penting bagi anak kita, hal ini dikarenakan pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.



Dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 1 menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan ayat 3 menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelengarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dalam undang -undang.



Untuk itu, seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan negara Indonesia.



Oleh karena itu dalam rangka. Mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan dalam menghadapi tantangan sesuai dengan tuntunan perubahan lokal,nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Sistem pendidikan nasional merupakan agenda prioritas nawacita dan dimensi pembangunan manusia dan masyarakat melalui pendidikan pada nawacita ke -5 dan 8, yaitu membentuk manusia Indonesia yang berdaya saing tinggi sebagai modal utama pembangunan nasional dalam rangka menghadap persaingan global.



Lebih lanjut, seorang kepala sekolah ini nantinya harus dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi, hal ini dikarenakan kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah. Pola kepemimpinannya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan sekolah. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain itu seorang kepala sekolah juga sebagai administrator pendidikan, supervisor pendidikan dan pemimpin pendidikan. Ini semua dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang ia pimpin.



Sekda berharap dengan diadakannya kegiatan ini kedepanya akan memiliki kapasitas dan kemampuan yang baik dan bisa menjadi pemimpin di satuan pendidikan sehingga akan meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.



Menurut kabid PTK Dikbudpora H. Asraruddin selaku panitia pelaksana dalam laporanya bahwa jumlah bakal calon kepala sekolah yang mengikuti test calon kepala sekolah inj sejumlah 215 orang, dari jumlah tersebut yang lulus administrasi sebanyak 160 orang peserta dengan rincian : untuk jenjang TK diikuti sebanyak 6 orang, jenjang SD diikuti sebanyak 112 orang dan jenjang SMP sebanyak 42 orang bakal calon kepala, sekolah.direncanakan kegiatan test ini akan dilaksanakan selama 7(tujuh) hari mulai dari tanggal 30 April sampai dengan 7 Mei 2019.


Semoga dengan dilaksanakan test ini kedepanya akan menciptakan seorang kepala sekolah yang dapat menjalankan rugas pokok dan fungsi nya guna peningkatan mutu pendidikan.



Momentum ini ditandai dengan penyerahan soal test ujian dari LPPKS Solo Joko Riadi, M. Pd kepada kasi fasilitasi peningkatan mutu pendidikan LPMP NTB Dra. Hj. Sudiati Prihatin Ningrum selanjutnya diserahkan kepada penyelenggara pelaksana test bakal calon kepala sekolah bapak sahid. Penyerahan ini disaksikan oleh Sekda Kabupaten Bima, Jajaran Dikbudpora dan peserta test.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.