Header Ads

Sosialisasi OJK dan Edukasi Keuangan Pada Komunitas Petani Garam Digelar


Bima, Media NTB - Sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan edukasi keuangan Pad petani garam di gelar. Kegiatan tersebut dilangsungkan di aula taman kalaki panda bima Pada hari, selasa (21/5). Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala OJK dan Edukasi Keuangan Provinsi NTB  Fari Faletehan beserta jajarannya,  kepala Bagian lingkup Setda Bima, Para kepala OPD, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima beserta jajaran serta para ketua komunitas petani garam di wilayah Kabupaten Bima.



Kepala OJK dan edukasi keuangan Provinsi NTB Farid Faletehan mengatakan bahwa keberadaan OJK ini merupakan salah satu otoritas yang berfungsi sebagai pengawasan terhadap lembaga keuangan. OJK ini  juga memiliki fingsi edukasi dan perlindungan terhadap konsumen antara lain dilakukan melalui kegiatan edukasi kepada masyarakat mengenai produk dan layanan industri jasa keuangan.



Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE pada saat membuka kegiatan mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan ini  serta Edukasi Otoritas Jasa, Keuangan di wilayah Kabupaten Bima dirasakan sangat penting,  karena dapat memberikan informasi yang tepat terhadap konsumen dan melakukan upaya pelayanan sehingga pada akhirnya akan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.



Kabupaten Bima merupakan salah satu sentra garam nasional dalam rangka mendukung swasembada garam, memiliki potensi lahan tambak garam yang sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lajan tambak yang tersebar di wilayah Kabupaten Bima sehingga kedepan perlu menjadi perhatian bagaimana garam hasil produksi petani memiliki harga jual yang tinggi. 



Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi petani garam ini, pemerintah daeah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima melakukan sosialisasi penyaluran kredit usaha rakyat garam rakyat dalam rangka peningkatan produk garam sekaligus salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan pengembangan usaha garam rakyat dalam mencapai target produksi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat .



Dalam rangka meningkatkan kualitas garam tersebut perlu adanya intervensi lembaga keuangan melalui kredit murah. Program Kredit Usaha Rakyat garam yang digalakkan pemerintah beberapa waktu lalu kiranya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di bidang garam sehingga kesejahteraan petani dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dibidang garam. 


Bagi pemerintah daerah, edukasi ini sangat penting untuk memberikan informasi yang tepat kepada konsumen dalam melamilan upaya pelayanan dan penyelesaian pengaduan yang tepat sehingga akan bermuara pada meningkatnha kepercayaan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan yang pada gilirannya mamberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah. 



Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dalam rangka membekali para petani garam agar dapat memahami dan menyeluruh agar pengelolaan kredit uang bersumber dari perbankan tersebut sesuai dengan harapan.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.