Header Ads

Diskop dan UKM Kab. Bima Adakan Diklat Kewirausahaan 2019


Bima, Media NTB - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima mengadakan kegiatan Diklat Kewirausahaan tahun anggaran 2019. Kegiatan tersebut dilangsungkan di aula hotel La – Ila Kota Bima pada hari Senin (17/6) yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta jajarannya, Para Narasumber serta para peserta pelatihan berasal dari UMKM yang berada di wilayah Kecamtan Se – Kabupaten Bima di Dengan jumlah peserta diklat sebanyak 30 orang.


Bupati Bima yang diwakili Oleh Asisten III Setda Bima Drs. H.Arifudin, HMY  mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini, Pemerintah daerah menyambut baik dengan gagasan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan Diklat Kewirausahaan ini dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan para peserta diklat guna mengelola usahanya  yang digelutinya, sehingga dari usaha tersebut diharapkan dapat mengembangan usaha kecil khsusunya di bidang kewirausahaan.
Keberadaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar dan memiliki peran penting yang dapat dimainkan UMKM dalam Perekonomian Nasional. Maka dari itu kita perlu mengembangkan program dan kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas Sumber Daya Manusia UMKM.  Kita harapkan melalui berbagai program dan  kegiatan itu akan terwujud UMKM maupun para wirausaha yang berdaya-saing dan menjadi tulang punggung perekonomian yang memiliki daya tahan tinggi menghadapi berbagai tantangan di depan.




Oleh karena itu, Pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdampak langsung pada UMKM maupun Kewirausahaan dalam rangka memberikan pemahaman terkait dengan tata cara mengelola usaha yang digelutinya sehingga dari usaha tersebut bisa meningkatkan pendapatannya dari hasil pengelola usahannya tersebut.




Maka dari itu, kepada para peserta diklat agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya sehingga dari hasil diklat ini kedepannya dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha yang digelutinya kearah yang lebih baik.
Saya berharap semoga dengan adanya kegiatan ini kedepannya para peserta diklat dapat mengembangkan usahanya kearah yang lebih baik  sehingga pendapatan dari usaha yang digelutinya bisa ditingkatkan.



Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Iwan Setiawan, SE dalam pengantar menyampaikan bahwa Diklat yang dilaksanakan ini sebagia upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bidang koperasi dan UKM. Penguatan SDM ini diperlukan untuk meningkatkan daya saing sebagai modal mengembangkan usaha. Untuk itu kami selaku kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta  Sekretaris, seluruh kepala Bidang terus melanjutkan program penguatan kapasitas SDM, sehingga berdaya saing dan mampu menjadi wirausaha tangguh, sehingga keberadan SDM in diharapkan dapat mengembangkan kewirausahaan yang digelutinya sehingga dari hasil yang didapat ini nantinya bisa diterapkan dalam usaha guna peningkatan pendapatan para wirausahan dari usaha yang dilaksanakanya.



Selain itu, diklat ini juga dalam rangka mendukung program / visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bima yaitu terwujudnya Kabupaten Bima yang RAMAH, sehingga kedepannya akan melahirkan para wirausahawan – wirausahawan yang hadal sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dari hasil usaha yang digelutinnya. Disamping itu dengan melahirkan wirausaha yang handal ini kedepannya para pelaku UMKM bisa memunculkan ide kreatif dan inovasi agar produknya dapat diterima masyarakat yang selalu mengikuti perkembangan zaman sekaligus memiliki keinginan kuat untuk berinovasi dan kreatif agar menjadikan usahanya terus berkembang," katanya.



Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai dari tanggal 17 s/d 21 Juni 2019 di aula hotel La – Ila Kota Bima, dimana para peserta ini nantinya akan diberikan bimbngan dan materi yang disampaikan oleh para tutor.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.