Header Ads

Bulan Bakti KIPM 2019, Stasiun KIPM Bima Tanam 1 000 Pohon Magrove


Bima, Media NTB - Dalam rangka Bulan Bakti KIPM 2019, Stasiun KIPM Bima mengadakan kegiatan "Ayo Menanam Mangrove" yang berlangsung di Desa Kwangko, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.


Dalam kegiatan tersebut, Stasiun KIPM Bima bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Dompu, Kepala Desa Kwangko, TNI AD, Polisi Perairan dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para siswa dan siswi SD yang turut ikut serta dalam memeriahkan kegiatan penanaman mangrove. 


Kegiatan penanaman pohon mangrove atau Rhizophora ini merupakan kegiatan tahunan Stasiun KIPM Bima yang turut berpartisipasi melestarikan lingkungan hayati. Tanaman mangrove yang ditanam sebanyak 1.000 pohon dengan penanaman di area pinggir pantai Desa Kwangko, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. 


"Kegiatan penanaman mangrove ini juga bertujuan untuk dapat memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya manfaat tanaman mangrove di pinggir pantai". Ungkap Kepala Stasiun KIPM Bima, Ridwan S.St.Pi. Rabu (17/07/19).


Selain itu lanjut Ridwan, kehadiran siswa dan siswi SDN pun turut menjadi bahan edukasi manfaat penanaman mangrove sejak dini, agar generasi kedepannya sadar akan pentingnya tanaman mangrove untuk kehidupan di masa yang akan datang. 


"Kegiatan penanaman mangrove sangatlah penting dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Juga bermanfaat bagi alam dan keberlangsungan hidup masyarakat sekitar". Jelasnya.


Selain sebagai peminimalisir dampak tsunami, pohon mangrove juga berfungsi mencegah erosi dan abrasi di pinggir pantai. Tutupny.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.