Header Ads

Diklat Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Teknis Akuntansi Koperasi Dilaksanakan



Bima, Media NTB - Diklat Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan teknis terkait dengan teknis akuntansi koperasi pada kegiatan peningkatan kapasitas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yang dilangsungkan di aula hotel La – Ila Kota Bima pada hari Jum’at (19/7) dilaksanakan.



Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta jajaranya, para tenaga pendamping, serta para peserta diklat Koperasi yang berasal dari 30 pengurus Koperasi yang berada di wilayah Kecamatan Se – Kabupaten Bima.   

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima Iwan Setiawan, SE dalam pengantar, bahwa dengan dilksanakan diklat ini dalam rangka memberikan dan meningkatkan kemampuan teknis Manajemen dan Pengurus Koperasi terutama yang berkaitan langsung dengan pembukuan/akuntansi, sehingga kedepan para pengurus koperasi dapat menangani pembuatan laporan keuangan dan pengurus agar dapat memahami dan memiliki keterampilan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi. 
 

Diharapkan kepada para peserta yang mengikuti diklat dapat memahami dan mengetahui tata cara pengelolaan perkoperasian dan dapat membuat laporan kuangan yang ada dalam sebuah koperasi itu sendiri.


Menurut Bupati Bima yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati H. Arifuddin mengatakan bahwa Keberadaan sebuah Koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam mensejahterakan anggota dan para pengurus dalam memajukan koperasi itu sendiri. Sehingga keberadaanya sangat penting ditengah masyarakat, terutama dalam proses berlangsugnya perekonomian masyarakat serta dapat  memperjuangkan kebutuhan ekonomi masyarakat dan para anggota, dan memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.



Oleh karena itu dengan adanya Diklat seperti ini kepada para pengurus dan pengelola koperasi dapat mengerjakan proses akuntansi koperasi mulai dari pembuatan bukti, neraca lajur dan menyusun laporan keuangan baik secara manual maupun memakai sistem komputerisasi sekaligus dapat dapat membuat laporan keuangan sehingga laporan yang disajikan lebih akurat, tepat dan cepat dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas.



Saya berharap kegiatan ini akan menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pengurus dan pengelola usaha koperasi dengan prinsip-prinsip akuntansi sehingga keuangan koperasi berjalan tertip dengan sistem akuntansi keuangan (SAK).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.