Header Ads

Duta On Duty Sebuah Inovasi Pelayanan Prima Kepadaa Peserta JKN-KIS


Bima, Media NTB - Pelayanan prima adalah suatu pola layanan terbaik dalam manajemen moderen yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan atau disebut juga sebagai service excellent. 



Hal yang paling penting dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, ada tiga hal pokok yang harus dipenuhi yaitu peduli pada pelanggan, melayani dengan tindakan terbaik, dan kepuasan pelanggan. Sejalan dengan komitmen memberikan pelayanan prima, BPJS Kesehatan senantiasa terus berinovasi untuk meningkatkan standar dan mutu pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satu inovasi pelayanan prima yang dilakukanoleh BPJS Kesehatan Cabang Bima adalah Duta on Duty.



Duta on Duty merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh pegawai BPJS Kesehatan Cabang Bima dari setiap bidang untuk berinteraksi langsung dan melayani peserta yang datang kekantor cabang (walk in customer) di lini depan.



Duta on Duty dilaksanakan oleh setiap pegawai secara bergiliran setiap 1 jam mulai pkl 10.00 – pkl 14.00 WITA atau pada saat jam kedatangan peserta yang tinggi (peak hour). Dalam waktu 1 jam tersebut, Duta on Duty membantu tugas frontliner dan satpam dalam memberikan informasi kepada peserta JKN-KIS, seperti proses pendaftaran, berkas yang perlu disiapkan oleh peserta maupun pengecekan kelengkapan berkas, perubahan kelas, dan informasi penting lainnya. 



Selain sebagai pemberi informasi, Duta on Duty juga sigap dalam membantu pengisian formulir, terutama bagi peserta penyandang disabilitas, sehingga mempersingkat waktu tunggu peserta.
Salah satu peran penting Duta On Duty selain tugas diatas adalah menjadi promotor Mobile JKN dimana Duta On Duty akan aktif mengajak peserta untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN hingga sampai dengan proses Log In. Duta On Duty juga akan menjelaskan manfaat penting dari Mobile JKN sehingga para peserta dapat tertarik untuk mengunduh AplikasiJempolan BPJS Kesehatan.



 “Alhamdulilahsayasenangsekalisaatdibantuolehpetugas. Pelayanannyabagus, petugasnyaramah, danjugacekatandalammemberikaninformasidengansangatjelas. Kemudiansistemantrianjugarapi, daninformasiterkaitpelayananjugasangat detail”. Ujar Guntur salah satu peserta JKN-KIS.



Segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ia menambahkan, pelayanan prima kepada peserta JKN-KIS juga tercermin dari ruangan frontliner yang bersih dan nyaman, juga halaman parkir yang meskipun tidak terlalu luas tetapi tertata dengan rapi serta aman.



Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Bima Agung menjelaskan bahwa ruang pelayanan atau frontliner harus dibuat senyaman mungkin untuk menunjang pelayanan prima kepada peserta.



“Ruang pelayanan ini dapat diibaratkan seperti ruang tamu, sehingga harus nyaman agar tamu yang datang menjadi betah dan senang. AC dipasang dibeberapa titik agar ruangan menjadi sejuk sehingga peserta tidak kepanasan, kemudian juga ada ruang laktasi untuk ibu menyusui, dan kita juga sediakan kursi prioritas bagi penyandang disabilitas, ibu hamil serta manula. Yang jelas, kami upayakan agar setiap peserta yang datang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bima bisa tetap nyaman saat memperoleh pelayanan”. Ujar Asri.



Semua kebutuhan peserta akan dipenuhi oleh Duta On Duty. Apapun terkait pelayanan kepesertaan, akan dibantu oleh Duta On Duty termasuk menuliskan formulir bagi peserta yang disabilitas sekalipun. Semua demi senyuman kepuasan peserta setelah mendapatkan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan. Tutupnya.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.