Header Ads

Jadi Duta Kabupaten Bima, Puskesmas Langgudu Dinilai oleh Tim FKTP Berprestasi Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019


Bima, Media NTB - Tim Penilai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi Tingkat Provinsi NTB melakukan penilaian ke Puskesmas Langgudu sebagai Duta Kabupaten Bima dalam lomba FKTP Berprestasi Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019 (Selasa, 02/07/2019).




Hal ini dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 Tahun 2015 tentang Penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi yang ada di Tingkat Kabupaten/Kota, dengan tujuan memberikan Penganugerahan, Pengakuan dan penghargaan atas fasilitas layanan kesehatan sebagai salah satu dukungan dan dorongan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan.




Hadir pada kesempatan ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bima selaku Tim Pembina Puskesmas, Camat Langgudu, Kepala UPT. Puskesmas Langgudu beserta jajarannya, kepala-kepala UPT se-kecamatan Langgudu, Kepala Desa Karumbu, Kapolsek Langgudu, Danposranmil, Ketua TP.PKK Kecamatan Langgudu dan Tokoh Masyarakat.




Tim Penilaian FKTP Tingkat Provinsi NTB terdiri dari Pihak Dinas Kesehatan Pemprov NTB baik Sekretaris, Pejabat Eselon III, Pejabat Teknis, Unsur Pemerintah Daerah, Pihak BPJS Kesehatan Divisi Regional dan Stakeholder terkait melakukan Verifikasi terhadap FKTP yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Bima.



Dalam sambutannya Camat Langgudu Abubakar,SH berharap melalui terobosan-terobosan yang inovatif dari Puskesmas Langgudu, dapat lolos seleksi dan diusulkan dan ditetapkan sebagai FKTP Berprestasi di tingkat Propinsi NTB.



“Dari hasil Penilaian ini Kepada FKTP Berprestasi merupakan Penghargaan sekaligus pengakuan Pemerintah melalui Menteri Kesehatan terhadap kinerja dan kualitas Pelayanan Puskesmas sebagai pemberi layanan kesehatan strata pertama, semoga kita lolos” harap Camat Langgudu.



Sementara itu, Menurut Kepala Puskesmas Langgudu, Najmah, S.ST bahwa pihaknya sejauh ini telah bekerja secara maksimal sesuai Kriteria dan Standarisasi yang ditetapkan Kementerian Kesehatan sehingga layak untuk dinilai dan diverifikasi oleh Tim Penilaian FKTP Tingkat Propinsi NTB.



“Untuk mendapatkan Penghargaan sebagai Puskesmas Berprestasi, tentu tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bima secara berkala dan berkesinambungan, sehingga hari ini kami dapat mengikuti Seleksi penilaian FKTP Tingkat Provinsi NTB” Ujarnya.



Lebih lanjut, menurutnya Penilaian ini ditujukan untuk memperoleh Puskesmas Pengakuan Puskesmas Berprestasi yang melaksanakan pelayanan terutama kegiatan promotif dan preventif, melakukan diagnosa dini serta pemberdayaan masyarakat dengan baik, dan memiliki inovasi sesuai masalah dan sumber daya yang ada sehingga Visi “masyarakat sehat, mandiri dan berkeadilan” terwujud.



“Dari hasil Penilaian ini, nantinya akan diusulkan dalam seleksi dan Penganugerahan FKTP Berprestasi Tingkat Nasional melalui Menteri Kesehatan. Harapan kita bersama semoga Puskesmas Langgudu lolos tahap Verifikasi dan Penilaian sehingga layak di Anugerahi FKTP Berprestasi Tingkat Provinsi NTB” Tutup Kepala UPT Puskesmas Langgudu. (Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.