Header Ads

Meriah, Pawai Budaya Hari Jadi Bima ke-379



Bima, Media NTB - Dalam rangka memperingati HUT Bima ke-379 tanggal 5 Juli 2019, kamis siang (4/7) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menggelar kegiatan pawai budaya yang diikuti oleh masyarakat serta seluruh Dinas/Intansi/Badan/Kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, perwakilan dari 18 kecamatan serta seluruh paguyuban etnis yang ada di Kabupaten Bima.



Pawai budaya ini mengambil star dari Cabang Talabiu dan finis di Kantor Bupati Bima. Peserta Pawai langsung diterima oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri (IDP), didampingi oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer, Kepala Kejaksaan Tinggi NTB, Putra mahkota Kesultanan Bima M. Putera Ferryandi, Sekda Kabupaten Bima, unsur FKPD, serta Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Bima.



Kegiatan pawai budaya ini, memiliki aneka tujuan luhur; diantaranya menjadi momentum menginternalisasi nilai luhur budaya dan kearifan lokal Dana Mbojo menjadi ruh yang menggerakkan motivasi untuk Berkarya Inovatif sehingga semua elemen birokrasi maupun masyarakat menunjukkan peran dan partisipasi membangun; menghantar Dana Mbojo menjadi daerah yang Baldhotun Toyibatun Warabun Ghofur".



Selain itu, peringatan hari Jadi Bima ini dihelat untuk mengenang perjuangan para pendahulu yang dengan penuh keikhlasan dan kegigihan membela daerah Bima sekaligus menanamkan hikmah - hikmah dan keteladanan.



Keutamaan lain yang juga dapat dipetik melalui peringatan Hari Jadi Bima ke-379 adalah pesan-pesan tersirat untuk merekatkan persatuan dan kesatuan serta menjaga harmoni silaturrahmi ditengah pluralitas suku dan umat beragama yang menghuni tanah leluhur.



Singkatnya, Dana Mbojo ibarat rumah besar; tempat bernaungnya seluruh elemen masyarakat dalam suasana kehidupan yang Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal.



Kegiatan Pawai Budaya yang menampilkan budaya dari masing-masing peserta pawai, bahkan kendaraan roda dua, roda empat dan benhur juga memeriahkan HariJadi Bima ke– 379 dengan telah dihiasi dengan berbagai macam warna – warni serta memajang aneka hasil bumi dan pertanian masyarakat; yang mencerminkan "Nggari ro Nggini" (lestari dan berisi/makmur)nya Dana Mbojo.



Semarak dan Kemeriahan Pawai Budaya disambut antusias oleh segenap warga hingga di sepanjang rute pawai nampak masyarakat berdiri berjejer sembari melambaikan tangan dan mengulad senyuman bahkan ada pula yang menghampiri Bupati - Wakil Bupati untuk berjabat salam dan berfoto bersama.


Bupati - Wakil Bupati berharap kiranya Hari Jadi Bima ke-379, dapat mengilhami pelestarian budaya, memberi spirit kebersamaan untuk terus mengikhtiarkan kebaikan dan perbaikan dalam arti luas.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.