Header Ads

Peserta PPL-KKN STKIP Taman Siswa Bima Posko Desa Bala Gelar Seminar Program Kerja


Bima, Media NTB - Setelah melakukan monitoring dan observasi di seluruh dusun yang ada di Desa Bala Peserta PPL-KKN ke-IV STKIP Taman Siswa Bima Posko Desa Bala Kecamatan Wera melaksanakan seminar paparkan program kerja pada rabu, (24/07/19) di aula kantor desa.



Sebelum pesrta PPL-KKN tersebut menyampaikan beberapa program kerja yang akan mereka realisasikan selama tiga bulan penuh, terlebih dahulu sekretaris desa Bala Imawansyah, S. Hut dalam sambutannya menyampaikan bahwa. Dalam waktu lebih kurang selama satu minggu peserta PPL-KKN telah melakukan monitoring dan observasi dari seluruh dusun di desa bala hal itu dilakukan agar ada pemerataan penilaian dan dapat diketahuai secara langsung wilayah desa Bala, hasil observasi tersebut dapat disimpulkan sebagai bahan kerja progelram kerja yang akan dilakukan peserta PPL-KKN terpadu STKIP Taman Siswa Bima.



"Hasil observasi yang telah dilakukan di seluruh dusun di Desa Bala, Yang nantinya akan diaktualisasikan dalam program kerja selama adik-adik melaksanakan PPL-KKN terpadu di desa Bala ini selama tiga bulan kedepan" kata Imam.



Mahasiswa PPL-KKN juga diharapkan dapat mengaktualisasikan ilmu yang didapatkan dari kampus ke masyarakat desa bala, dan pemerintah desa juga tidak menginginkan adanya suatu kenangan yang buruk yang didapatkan ditengah-tengah masyarakat. 



Hal yang sama juga disampaikan oleh tokoh masyarakat setempat, Mahsyar, SH
Ia mengharapkan ada inovasi dan nuansa baru yang dibawa oleh teman-teman peserta PPL-KKN STKIP Taman Siswa Bima terhadap masyaraka desa bala serta dapat meninggalkan sebuah kenangan yang lebih berarti.



"Saya yakin seluruh masyarakat desa bala sangat terbuka untuk bekerja sama dan buatlah kegiatan yang lebih berati". Pesan Mantan Kepala Desa Bala dua periode tersebut.



Sementara itu Fadlin Ketua Posko dalam sambutan sekaligus memaparkan program kerjanya. Ia sangat berharap pemerintah dan masyarakat setempat  dapat membantu serta dapat memberikan partisipasi aktif
ketika sekiranya nanti ada kendala-kendala dalam membaca karakter keluarga dan masyarakat desa Bala terlebih dalam ikut mendorong dan membantu mereka dalam menuntaskan program-program kerja yang akan dilaksanakan.



"Kami sangat berharap partisipasi penuh masyarakat dan pemuda desa bala dalam bekerja sama untuk membantu kami menggolkan semua program kerja" harap Fadil.



Demikian program kerja yang akan dilakukan peserta PPL-KKN STKIP Taman Siswa Bima selama tiga bulan kedepan, antara lain; 


1. Seminar anti narkoba dan peningkatan kesadaran hukum, bertujuan untuk menyadarkan generasi muda dari pengaruh narkoba yang sering menimbulkan permusuha dan perkelahian.

2. Penyambutan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, dalam bentuk kegiatan olah raga yaitu, Volly Bal, dan rencana akan ikutsertakan masyarakat di empat desa yang berdekatan, yaitu desa Tawali, Mandala, Nunggi dan desa Ntoke.

3. Posko pintar- bertujuan membimbing  Siswa-Siswi SD yang berada di desa setempat, guna untuk meningkatkan kesadaran anak dalam belajar.

4. Festival anak soleh dan soleha, yaitu lomba baca ayat-ayat pendek, pencerahan dan lomba sholat.

5. Bhakti sosial, membersihkan lingkungan  sekitar termasuk masjid pada setiap hari jumaat. Selain program yang dipaparkan tersebut, peserta PPL-KKN juga akan melakukan program mengajar di beberapa sekolah SMP dan SMA di luar desa Bala. (Iphul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.