RSeries Bima Hadir Memeriahkan Festival Sangiang Api 2019


Bima, Media NTB - Festival Sangiang Api (FSA), adalah salah satu event yang paling ditunggu oleh Warga Kecamatan Wera dan Ambalawi Kab Bima. Dan para 'Punggawa' Perahu Layar Tradisional di Bima pada umumnya. Sebab, ada pertarungan kekuatan, kemampuan, keahlian dan filosofis bagi warga masyarakat pesisir Bima, wabil khusus warga masyarakat Wera Sangiang.



FSA kali ini (2019) adalah yang ke 6 dilaksanakan secara terbuka bagi masyarakat luas. Selama ini, Lomba Perahu layar Tradisional dan maupun pentas seni budaya dipesisir Sangiang Darat Desa Sangiang kecamatan Wera adalah rutinitas tahunan yang dilaksanakan secara swadaya dan inisiatif warga desa Sangiang dimusim pancaroba.



Pembukaan FSA 2019 yang dilaksanakan pada Minggu pagi (28/7) pagi diawali dengan Pawai Budaya. Dibuka secara resmi oleh Assisten III Pemerintah Propinsi NTB, Hj. Hartina, mewakili Gubernur NTB. 



Turut hadir meramaikan kegiatan dan menjadi pusat perhatian remaja dan pemuda Sangiang adalah hadirnya belasan Unit Motor Sporti yang tergabung dalam Club' Motor RSeries Bima. Dalam Club' motor ini tergabung beberapa jenis motor sporti seperti Honda R150, R250, maupun Yamaha Kawasaki 250R.



Ketua RSeries, Arif, menyatakan bahwa kehadiran Rseries di Desa Sangiang dalam meramaikan FSA 2019 adalah untuk menjajaki Kolaborasi kegiatan FSA 2020 yang akan datang. "Jujur, banyak anggota RSeries yang baru pertama kali ke Desa Sangiang. Selain untuk mengobati penasaran dan meramaikan Pembukaan FSA, kami hadir juga dalam rangka menjajaki kegiatan RSeries NTB yang mungkin bisa dielaborasi pada tahun yang akan datang dengan FSA" Tuturnya.



Rangga Babuju yang ikut bergabung dengan menggunakan R150 dan ikut hadir dilokasi kegiatan bersama Rombongan RSeries, menyampaikan bahwa ada keinginan besar Rseries Bima untuk memeriahkan kegiatan FSA tahun 2020 dengan kegiatan Touring Literasi FSA 2020. "Rencananya, kawan-kawan Rseries ini ingin mengadakan kegiatan Tour Literasi bersama anak-anak dan Remaja Desa Sangiang tahun depan" Ungkap lelaki yang juga Owner Babuju Mandiri ini. 



Lebih lanjut, lelaki dengan gaya khas rambut gondrong ini, bahwa kegiatan Tour Literasi yang dimaksud dilaksanakan sehari sebelum kegiatan pembukaan FSA 2020. "Kegiatan ini tanpa mengganggu kegiatan FSA 2020, karena rencananya akan dilaksanakan sehari sebelum Pembukaan FSA 2020, tetapi akan menjadi bagian dari FSA itu sendiri. Dengan menghadirkan ratusan anggota Club' Motor Lombok - Sumbawa" Jelasnya.



Sekdes Sangiang, Nasrullah, merespon positif niat tersebut. "Kami dengan senang hati menyambut rencana kawan-kawan RSeries, apalagi kegiatan Literasi untuk Anak-anak dan Remaja Desa Sangiang yang dirangkai dalam FSA 2020 yang akan datang. Dan akan kami bahas serius pada saatnya nanti" Ungkapnya berterima kasih. 



"Bagi saya, secara pribadi, kehadiran kawan-kawan RSeries Bima pada momentum pembukaan FSA 2019 ini adalah kebanggaan tersendiri. Selamat datang di Desa kami dengan suguhan yang mungkin masih jauh dari kelayakan" Ungkap lelaki yang biasa disapa Irul ini.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.