Header Ads

Stasiun KIPM Bima Mengadakan Kegiatan Bersih pantai Lakey, "Pantaiku Bersih, Lautku Indah"


Bima, Media NTB - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bima, bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Dompu melaksanakan kegiatan bersih pantai di Pantai Lakey, Kec. Hu’u, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat. Dalam kesempatan ini turut hadir Camat Hu’u, Kepala Stasiun KIPM Bima, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Pesisir dan Pulau–Pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Dompu, Babinkamtibmas Desa Hu’u, serta Siswa dan Siswi SMK Pembangunan Dompu dan masyarakat sekitar pantai Lakey, Desa Hu’u.



Dalam sambutannya Camat Hu’u Muhtar, S.Sos mengapresiasi kegiatan bersih pantai, dan megucapkan terimakasih atas kepedulian semua pihak yang peduli akan kebersihan pantai Lakey, di Desa Hu’u. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala dan berkelanjutan setiap tahunnya.



"Kegiatan bersih pantai merupakan rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karantina Ikan yang setiap tahun dilaksanakan. Kegiatan bakti pantai ini merupakan wujud nyata kami terhadap lingkungan". Ungkap Kepala Stasiun KIPM Bima, Ridwan, S.St.Pi



Ridwan menambahkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat sekitar agar menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga pantai Lakey ini tetap indah. Dalam kegiatan bersih pantai ini sampah non organik atau sampah plastik menjadi target utama yg harus diambil dan dibersihkan. 



Dalam kesempatan itu, Kepala Subseksi Wasdalin Stasiun KIPM Bima, Agus Priyantoro menjelaskan bahwa sampah plastik merupakan musuh utama hewan laut, tidak jarang sampah plastik tersebut dimakan oleh hewan laut, dan akan menyebabkan kematian pada hewan yang memakannya.



“Banyak yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik, dengan cara membawa tas sendiri saat belanja, mengurangi penggunaan sedotan, dan mendaur ulang sampah platik tersebut menjadi hiasan atau barang serbaguna.
Perlu kita ketahui bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman". Terangnya



Karena membuang sampah sembarangan merupakan kebiasaan dan sulit untuk diubah bagi yang belum memahami pentingnya kebersihan lingkungan. Oleh sebab itu Stasiun KIPM Bima berharap dengam adanya kegiatan bersih-bersih pantai ini, masyarakat dapat memaham dan lebih memiliki wawasan dampak membuang sampah di pantai atau di laut. Tutupnya.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.