Dishub Kabupaten Bima Dapat Bantuan Kapal dari Kementrian Desa


Bima, Media NTB - Dinas perhubungan Kabupaten Bima mendapatkan  bantuan kapal dari Kementrian Desa melalui Direktoral jendral pengembangan daerah tertentu, dan yang menangani langsung direktorat pengembangan daerah pulau kecil dan  terluar. penyerahan bantuan tersebut dilakukan di pesisi pantai sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima pada selasa,(27/08/29).



Laode Muhajirin Kasubdit Pengembangan Daerah pulau kecil dan terluar Direktorat PDPKT. Kepada media ini mengatakan. 
Kapal ini merupakan usulan bupati Bima tahun 2018 dan baru direalisasikan tahun 2019 ini, jadi jenis kapal yang kita bantu ini adalah jenis kapal kargot/ kapal barang duabelas kilo ton untuk melayani kegiatan ekonomi masyarakat antar pulau yang ada di Kabupaten Bima ini, kapal ini nantinya akan dikelolah oleh desa melalui BUMDes bersama, jadi nanti kapal ini akan digunakan oleh desa-desa atau Kecamatan-Kecamatan pesisir yang ada di Kabupaten Bima.



Aset ini belum diserahkan kepada desa karena masih dikendalikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bima, karena masa pemeliharan ini, setelah kita serah terimakan dari pihak galangan ke kami selaku pimpinan pengelolah kegiatan ini masih ada selang waktu pemeliharan enam bulan kedepan, dan setelah enam bulan kedepan nanti ada Dirjen pengembangan tertentu untuk penyerahan Barang Milik Negara (BMN) atau aset pemerintah pusat ke pemerintah Daerah.



Ia melanjutka.  Jadi pemerintah daerah yang kelolah apakan diserahkan ke desa atau dikelolah dulu oleh dinas perhubungan sampai mengatur pelayaran dari kapal ini, termasuk juga untuk pengalokasian anggaran ke depan kami berharap dari pemerintah pusat melalui dinas perhubungan sudah bisa mengalokasokan anggaran melalui APBD terutama untuk pembiayaan serta biasa operasionalisasi kapal, karena kapal ini cukup tinggi biaya operasionalnya antar pulau karena menggunakan bahan bakar yang cukup besar.



"Harapan saya kapal ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk mengangkut hasil bumi yang ada di Bima umumnya dan khususnya untuk desa-desa yang ada di pesisir, dan tentunya untuk mempermudah pengangkutan produksi-produksi antar pulau" jelas laode.



Sementara itu Kepala dinas perhubungan Kabupaten Bima Syafruddin, S. Sos
Mengatakan belum memastikan apakah kapal dersebut untuk desa sangiang atau desa mana tetapi akan dikelolah dulu oleh Dinas perhubungan.



"Saya belum memastikan kapal ini untuk desa Sangiang atau desa-desa yang lain, tetapi saya akan bersurat dulu kepada beberapa kecamatan yang ada di pesisir itu dengan alasan-alasan kebutuhannya apa, karena kapal ini harus dimanfaatkan dengan baik" tandasnya.(Iphul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.