Mahasiswa KKN STISIP Mbojo Gelar Festival "Tabe Bangkolo" di Sape


Bima, Media NTB - Mahasiswa STISIP Mbojo Bima yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jia Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Melakukan kegiatan Festival Legendaris Sejarah Tabe Bangkolo.



Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Jia ini, dihadiri oleh Camat Sape Kepala Dinas Pariwisata Ketua KNPI Sape Kades Jia Kades Sari Ketua Adat.



"Tujuan kegiatan Festival ini dalam rangka mengembalikan budaya dan nilai lokal agar kedepan bisa menjadi tempat Wisata Legendaris Ketua di Desa Jia ini. Kata Ketua Posko KKN Mifran dalam sambutannya. Jum'at (16/08/19)



Tidak hanya itu kata Mifran,  kegiatan ini dirangkaikan dengan pawai rimpu cili, pawai rimpu colo, tari-tarian, drama sejarah tabe bangkolo, puisi dan musik.



"Dalam legenda Tabe Bangkolo ini selalu di kenang disetiap tahun oleh masyarakat Desa Jia". Ungkap Ketua Adat Sudirman, M.Si.



Diakuinya bahwa ada 3 negara yang perna datang di Tabe Bangkolo diantaranya Singapura, Malaysia dan Timur Leste.



"Dalam momentum Festival seperti ini akan menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua, supaya bisa melestarikan dan memiliki nilai yang bermanfaat bagi masyarakat yang ada. Lebih khusus untuk kedepan akan menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua". Beber Kades Jia Takwil H. Ahmad. 



Bahka dirinya akan berusaha untuk kedepan membuka jalan menuju Tabe Bangkolo agar bisa menjadi salah satu tempat pariwisata bagi anak muda sekarang.



Hanya saja tidak bisa dibuka semua sampai di Tabe Bangkolo, karena dirinya pernah ditegur oleh penghuninya. Tutupnya.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.