Header Ads

Luar Biasa, Festival Uma Lengge Pamerkan Pembuatan Tembe Nggoli


Bima, Media NTB - Tembe Nggoli merupakan sarung tenun tangan khas Bima yang dibuat dari benang khusus buatan pabrik yang disebut dengan Kafa Nggoli yang memiliki warna-warni yang cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan. Kegiatan menenun ini dilakukan oleh beberapa Desa di daerah Bima.



Lebih Unik Lagi Dalam Proses Pelaksanaan Festival Uma Lengge 2019 Di Desa Maria Kecamatan wawo Di pamerkan Produk Produk Hasil Alam, Kesenian termasuk Proses pembuatan Sarung Ala Khas Bima Biasa Di sebut Tembe nggoli.



Salah Satu Panitia Yang Diwawancarai Mediantb.com Bambang Irawan mengatakan bahwa Pembuatan Tembe nggoli Masih menggunakan Alat Tradisional, Biasa suku Bima Sebut "Muna".



"Selain Pameran Tembe nggoli Dalam Festivifal ini pula Di pamerkam Beberapa macam Produk Hasil alam Seperti Jagung, Padi, kacang, bawang, dan segala macam Rempah Rempah Pertanda Bahwa Masyarakat Bima kaya akan hasil alam". Jelasnya.



"Tiba saatnya Budaya, Kesenian, dan kekayaan alam Bima NTB kita tinjukan pada Dunia". Ungkap Bambang.



Festival Uma Lengge tersebut Berlangsung Di Buka  Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri Minggu, (8/9) di Rencanakan Akan Berakhir pada Rabu, (11/9) hari akan datang.


Bambang Irawan Mengharapkan Dalam Bidang Penenunan Tembe Nggoli ada peranan pemerintah dalam upaya melestarikan Budaya  karena sangat sangat diharapkan oleh masyarakat setempat Lebih Umum lagi masyarakat Bima agar budaya menenun tersebut tidak punah. "Tutupnya.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.