Makembo Gelar Kemah Budaya dan Literasi di Langgudu


Bima, Media NTB - Sabtu dan Minggu, 14-15 September 2019, Komunitas Budaya Majelis Kebudayaan Mbojo menggelar kegiatan kemah budaya dan literasi di desa Kangga kecamatan Langgudu.Kegiatan tersebut mengusung tema Cintai Budaya dan Bumikan Literasi. 



Ketua Komunitas Makembo Ruslan.S.Sos atau yang akrab disapa Alan Malingi yang juga fasilitator literasi tingkat regional Bali, NTB dan NTT menuturkan bahwa kegiatan seperti ini sudah rutin dilaksanakan setiap bulan dan tetap menilih hari libur atau akhir pekan. " Pada kegiatan kemah budaya dan literasi kali ini kami berkolaborasi dengan Komunitas lainnya yaitu Komunitas Mbojo Itu Boekoe, Komunitas Mbojo Ma Tunti atau Kambuti, Pokdarwis Tori Maci Jampa, Kelompok Pencinta alam dan SMUN 2 Langgudu. " Tutur Budayawan Bima ini.



Prserta kegiatan sebanyak 150 orang.Literasi diadakan di SDN Inpres Kangga dengan membagi kelas ke dalam empat kelas yaitu kelas Membaca, Kelas Menulis, Kelas Bercerita dan Kelas Matematika.



Dari SDN Kangga, komunitas menuju Pantai Toro Maci Jampa untuk kegiatan kemah. Pada malam hari dilakukan diskusi literasi dan budaya dengan menghadirkan fasilitator Literasi dari Komunitaa Tapak Seribu Bunyamin, S.Pd, pemaparan sejarah dan budaya Bima oleh Alan Malingi serta sambutan hangat dari tokoh masyarakat Langgudu dan pembina pramuka kecamatan Langgudu, Sudirman.S.Pd.



Minggu pagi dilakukan kegiatan gotong royong bersih pantai, eksplore Toro Maci Jampa dan mengabadikan sisi keindahah teluk Waworada. 


Kegiatan tersebut terlaksana berkat dukungan dari Kantor Bahasa NTB serta dana swadaya masing - masing komunitas pendukungnya. Out put dari kegiatan tersebut adalah pembumian literasi, pengenalan budaya dan pembentukan konunitas Literasi di kecamatan Langgudu." Kemah Budaya yang dikolaborasi dengan literasi dihajatkan untuk mendukung ikhtiar Pemerintah Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Literasi.' Tutup Alan.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.