Header Ads

Tingkatkan Profesionalitas Pengelolaan Pariwisata, Pemkab Bima Gelar Pelatihan Manajemen Homestay



Bima, Media NTB - Pelatihan manajemen Homestay (Rumah Wsata) digelar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula SMKN 3 Kota Bima pada hari Kamis (19/9) yang dibuka langsung oleh Staf Ahli Bupati H. Putarman, SE  mewakili Bupati Bima.



H. Putarman, dalam sambutan,  Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyebaran obyek wisata yang kita miliki kebanyakan terletak pada pelosok daerah yang jangkauannya jauh dari Kota Pemerintahan Kabupaten Bima, sehingga di sekitar obyek wisata memerlukan penginapan yang layak dan aman untuk ditempati para wisatawan yang ingin menikmati pesona indahnya obyek wisata yang kita miliki.


           
Kemajuan pariwisata dirasa sangat penting bagi suatu daerah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat lokal dengan melakukan terobosan dan pelatihan secara terpadu untuk menata dan mengembangkan potensi yang ada. Berdasarkan potensi yang dimiliki dalam upaya peningkatan pengetahuan, kompetensi, dan pemahaman kita tentang pariwisata secara luas yang kita miliki sebagai tindak lanjut mengembangkan sektor pariwisata. 



Keberadaan Homestay merupakan salah satu bentuk penginapan yang populer, sekaligus sebagai alternative penginapan bagi wisata yang berkunjung jauh dari jangkauan hotel. Melalui program penyiapan homestay ini merupakan salah satu solusi yang kita tawarkan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat guna berperan dalam penyiapan homestay dengan baik, walaupun bukan seperti kualitas hotel berbintang yang disiapkan dan yang perlu diperhatikan keberadaan homestay ini adanya rasa aman, kenyamanan, kesenangan dan ciri  khas lokal yang mampu membuat daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati kawasan wisata yang kita miliki.




Diharapkan, melalui pelatihan ini kepada para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh – sungguh serta dapat meningkatkan profesionalisme mereka untuk mengelola homestay di Kabupaten Bima sekaligus mendukung pembangunan sektor pariwisata.


           
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Drs. Dahlan H.Muhammad Dalam Pengantar, bahwa kegiatan ini dilaksanakan 19 September 2019 di aula SMKN 3 Kota Bima dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 40 orang peserta berasal dari kelompok Pokdarwis pengelola Homestay, Kades / Sekde / BUMDES. Dimana mereka ini akan diberikan pembekalan yang diberikan oleh para narasumber selama mengikuti pelatihan.


Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Dahlan, kami selaku kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima berkomitmen  dalam pengembangan dan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Bima. Selain itu, pengembangan atau pembinaan sumber daya pariwisata merupakan bagian dari upaya mempersiapkan pelaku industri pariwisata di Kabupaten Bima yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Atas pertimbangan itulah kedudukan Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata/Rumah Wisata menjadi sangat penting.  Sehingga pelaksanaan kegiatan ini berorientasi 3 tujuan, pertama mampu meningkatkan kinerja serta daya saing bagi pembangunan kepariwisataan nasional, kedua mendorong pelayanan prima pelaku usaha sektor industri pariwisata dan ketiga memahami manajemen homestay/ pondok wisata/ rumah wisata dalam rangka pengeloaan wilayah wisata.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.