Header Ads

Uma Jompa Kecamatan Wawo Akan di Rubah Menjadi Uma Lengge


Bima, Media NTB - Uma Jompa yang ada di Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, direncanakan akan dirubah semua menjadi uma Lengge.


Hal itu berkaitan dengan semakin besar perkembangan dan perubahan jaman ini, maka perlu uma Jompa ini dirubah menjadi uma Lengge.


"Kenapa mesti dirubah, dikarenakan selama ini masyarakat lebih banyak yang tertarik dengan uma Lengge dari pada uma Jompa" Ungkap Haikal sebagai anggota Pokdarwis kepada media ini saat dikonfirmasi. Minggu (08/09/19).


Kata Haikal, meskipun uma Jompa memiliki nilai historisnya tersendiri, akan tetapi uma Jompa hampir ada disetiap daerah ini.


"Sedangkan uma Lengge  juga banyak nilai historis serta nilai keunikannya didalamnya. Apalagi bagi anak muda jaman sekarang banyak yang suka sama uma Lengge". Jelasnya


"Bahkan kami sudah meminta persetujuan baik dari pemilik uma Jompa, Kepala Desa, Camat, Ketua Adat bahkan sampai Dinas Pariwisata". Terangnya


Hanya saja kendala selama ini kenapa belum dirubah, karena alang-alangnya susah dicari sehingga sampai saat ini belum dikerjakan.


"Cuman kami belum bisa pastikan kapan waktu dikerjakan supaya bisa menjadi uma Lengge, karena ini baru rencanakan". Tutupnya.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.